Warga Villa Permata Hijau Keluhkan Pembangunan Workshop PT SKM, 11 Rumah Retak-Retak

0
33

SERANG – (BTP) – Pembangunan workshop yang berada di dekat lokasi pemukiman kompleks perumahan Villa Permata Hijau, Desa Serdang, Kecamatan Kramat Watu, Kabupaten Serang yang dilakukan oleh PT Sentra Karya Mandiri diprotes warga, rabu (02/09/2020).

Hal itu lantaran proyek pembangunan workshop milik PT Sentra Karya Mandiri yang saat ini sedang memasang rangka besi baja itu, membuat sebelas rumah warga di kompleks tersebut mengalami retak-retak. Tak hanya itu, proyek pembangunan juga membuat warga yang tinggal di kompleks menjadi terganggu.

Edwar Jatalang salah seorang warga setempat mengaku, proyek pembangunan tersebut sudah berlangsung lama hingga membuat warga sekitar mengeluh akibat kebisingan proyek pembangunan dengan deru mesin crane dan mesin las itu.

“Kurang lebih ada sekitar enam bulan, itu buat workshop apa saya juga tidak tau. Lah kami warga yang tinggal disini juga tidak ada pemberitahuan apalagi izin ke pengurus kompleks dari pihak perusahaan. Izin saja tidak ada,” katanya dengan nada kesal.

Edwar yang juga kuasa hukum dari warga sekitar menjelaskan, pihaknya juga telah menjembatani persoalan tersebut dengan mengadukan ke Kantor Desa setempat dengan memediasi persoalan keluhan warga. Namun saat bermediasi dengan kedua belah pihak antara warga dan pihak PT. Sentra Karya Mandiri serta jajaran Muspika setempat berjalan buntu dan tidak ada titik temu.

“Kami tidak pernah meminta pertanggungjawaban, baik kompensasi maupun menyelesaikan kerugian warga. Kami hanya proyek pembangunan tersebut dihentikan sementara sampai keinginan warga dipenuhi untuk menjaga kondusifitas warga. Saya pun siap akan membawanya ke jalur hukum,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Serdang Iyos Rosgiyah mengaku persoalan tersebut sudah selesai dan ada titik temu antara warga yang terdampak dengan pihak perusahaan PT. Sentra Karya Mandiri.

“Sudah selesai, kedua belah pihak menemukan titik temu. Dan izin lingkungan sudah ada,” ketusnya dengan nada singkat. (RMP/BTP)

Comments are closed.