Sering Nyeri Punggung hingga Susah Tidur, Waspadai Fibromyalgia

0
44

Bantentop.com, – Apakah Anda sering mengalami rasa nyeri di sekujur tubuh yang disertai lelah dan gangguan tidur?

Jika kondisi tersebut sering terjadi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi, hal itu adalah gejala dari fibromyalgia.

Fibromyalgia adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan nyeri muskuloskeletal yang disertai kelelahan, dan gangguan tidur.

Bahkan, peneliti menduga sensasi nyeri yang ditimbulkan akibat fibromyalgia bisa mempengaruhi cara otak untuk memproses sinyal nyeri.

Gejala

Selain rasa nyeri, lelah, dan gangguan tidur, fibromyalgia juga bisa memicu berbagai gejala fisik dan mental.

Melansir Healthline, berikut berbagai gejala fibromyalgia”

-sakit kepala

-depresi

-gelisah

-sulit fokus

-nyeri perut bagian bawah

-mata kering

-gangguan kandung kemih.

-Penyebab

Otak dan saraf penderita fibromyalgia bisa saja salah menafsirkan atau bereaksi berlebihan terhadap sinyal nyeri karena adanya ketidakseimbangan kimiawi di otak.

Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan karena kelainan pada pada ganglion akar dorsal yang memengaruhi sensitisasi nyeri sentral otak.

Menurut Mayo Clinic, belum diketahui pasti apa yang memicu fibromyalgia. Namun, tiga faktor berikut bisa meningkatkan risiko kita untuk mengalami fibromyalgia:

Genetika

Fibromyalgia juga bisa terjadi karena faktor genetik. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya mutasi genetik tertentu yang membuat kita lebih rentan untuk mengalami fibromyalgia.

Infeksi

Beberapa penyakit tertentu seperti infeksi flu, pneumonia, dan gangguan gastrointestinal, seperti yang disebabkan oleh bakteri Salmonella dan Shigella, dan virus Epstein-Barr juga bisa memicu fibromyalgia.

Trauma fisik atau emosional

Fibromyalgia terkadang dapat dipicu oleh trauma fisik, seperti kecelakaan mobil. Selain itu, stres psikologis juga dapat memicu kondisi tersebut.

Baca juga: Bolehkah Kita Berolahraga Saat Merasa Tidak Enak Badan?

Cara mengatasi

Belum ada obat khusus untuk mengatasi fibromyalgia. Obat yang tersedia hanya berfokus untuk mengurangi gejala.

Namun, pengobatan juga bisa berjalan efektif dengan menjalani pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dengan cara berikut:

-mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian, produk susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak

-mengonsumsi air putih yang cukup

-mengonsumsi lebih banyak sayuran daripada daging

-mengurangi asupan gula.

Selain itu, kita juga perlu rutin berolahraga dan menjaga berat badan sehat. Beberapa jenis makanan tertentu seperti gluten dan MSG juga bisa memperburuk gejala fibromyalgia. Itu sebabnya, kita harus menghindarinya.

Nyeri karena fibromyalgia juga bisa diatasi dengan obat tertentu seperti aspirin dan ibuprofen.

Namun, kita harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan obat yang tepat agar terhindar dari efek samping tertentu.

Sumber : KOMPAS.com
(fr.red)

Comments are closed.