Tekan Penyebaran Covid-19, Parpol Pendukung Dan Relawan Balon Pilkada Tandatangani Fakta Integritas

0
24

CILEGON – (BTP) – Sejumlah Partai Politik yang berkoalisi dengan mengusung masing-masing pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota beserta relawan pendukung Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota jalur perseorangan menandatangani fakta integritas bersepakat mematuhi protokol kesehatan di setiap tahapan Pilkada untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Cilegon Siswandi mengatakan, pihaknya meminta kepada seluruh pihak untuk berkomitmen mematuhi protokol kesehatan pada penanganan penyebaran Covid-19.

“Dengan fakta integritas penyebaran Covid-19 atau virus corona dapat kita tekan. Salah satunya yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini saat pengambilan nomor urut calon yang telah ditetapkan dan memasuki massa kampanye dengan mengerahkan kerumunan massa,” katanya, selasa (22/09/2020).

Pihaknya menyatakan, pada fakta integritas yang disepakati oleh masing-masing pendukung dari partai politik dan relawan pendukung Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon tidak mengatur sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Namun mekanisme tersebut masuk pada sanksi administrasi dalam PKPU nomor 06 tahun 2020.

“Untuk sanksi memang tidak ada bagi pelanggar protokol kesehatan baik Parpol maupun tim suksesnya. Hanya sanksi administrasi saja yang mereka terima oleh para tim sukses dan juga Parpol. Pemberian sanksi sendiri dilakukan oleh KPU atas rekomendasi dari Bawaslu,” jelasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.