Agenda Tak Terjadwal, Bawaslu Kota Cilegon Kesulitan Awasi Paslon Yang Berkampanye

0
21

CILEGON – (BTP) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon menggelar rapat koordinasi tahapan pengawasan yang saat ini tengah memasuki masa kampanye para Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon dengan para Petugas Pengawas Lapangan (PPL) yang berlangsung di salah satu hotel di Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, senin (28/09/2020).

Komisioner Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Cilegon Urip Haryantoni mengatakan, setelah ditetapkan Pasangan Calon Walikota dan nomor urut Calon oleh KPU, dimulailah kampanye yang dimulai pada tanggal 26 September hingga 5 Desember yang dilakukan oleh pasangan Calon.

“Hari ini kami (Bawaslu) baru bisa melakukan rapat koordinasi dengan Petugas Pengawas Kelurahan yang ada di 43 Kelurahan dengan memberikan materi pengawasan proses kampanye sesuai Peraturan Bawaslu RI no 12 tahun 2017 dan Peraturan Bawaslu RI no 12 tahun 2018 tentang pengawasan tahapan kampanye,” katanya.

Urip menambahkan, proses tahapan kampanye kali ini berbeda dengan sebelumnya yang dalam keadaan normal, karena saat ini Kota Cilegon melaksanakan Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

“Kami menghimbau kepada peserta Pilkada yang dalam hal ini khususnya Pasangan Calon yang akan melakukan kegiatan kampanye, mereka harus memberikan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian dan tembusannya kepada Bawaslu dan KPU. Karena dimasa pandemi, mereka harus mengikuti protokol kesehatan,” tambahnya.

Pihaknya juga mengaku kesulitan melakukan pengawasan karena tidak adanya jadwal kampanye untuk masing-masing para Pasangan Calon pada kampanye rapat umum.

“Kami harus betul-betul mengetahui agenda kampanye para Pasangan Calon, karena di kita (Pengawas Kelurahan.red) hanya ada satu orang pengawas yang dikhawatirkan dalam satu Kelurahan terdapat empat pasangan Calon Walikota maupun Wakil Walikota bersamaan melakukan kampanye dalam satu Kelurahan yang dilakukan di Lingkungan yang berbeda-beda dalam satu Kelurahan. Itulah yang membuat kami harus mengetahui agenda kampanye para Calon, karena agenda kampanye sendiri tidak terjadwal,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.