Paripurna DPRD Kota Cilegon, Bahas Pengunduran Diri Sokhidin Sebagai Wakil Ketua I DPRD

0
24

CILEGON – (BTP) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon menggelar Rapat Paripurna membahas pemberhentian Sokhidin sebagai Wakil Ketua I DPRD Kota Cilegon karena telah mengajukan pengunduran diri sebagai Anggota DPRD dan mengikuti kontestasi sebagai peserta Calon Wakil Walikota Cilegon pada Pilkada serentak 2020 mendatang, jumat (02/10/2020).

Dalam UU tentang Pemilihan Kepala Daerah jelas menyatakan bahwa, calon pemimpin maupun wakil pemimpin daerah harus memiliki persyaratan yang menyatakan secara tertulis pengunduran dirinya sebagai anggota DPR, DPD dan DPRD sejak ditetapkan sebagai calon peserta pemilihan. Atas alasan itulah DPRD Kota Cilegon membahas pengusulan pemberhentian Sokhidin sebagai Wakil DPRD I Kota Cilegon.

Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Efendi Ketua DPRD mengatakan, usai Paripurna, penandatangan berita acara telah ditandatangani dan secara resmi Sokhidin telah diberhentikan.

“Berdasarkan aturan SK nya nanti, akan dikirimkan ke Gubernur Banten melalui Walikota,” katanya.

Di singgung soal Pengganti Antar Waktu (PAW) Sokhidin, Endang mengaku, menurut ketua Fraksi Gerindra hal itu sudah diusulkan kepada Sekretariat DPRD, sehingga nantinya DPRD akan berkirim surat kepada KPU, untuk mengklarifikasi siapa suara terbanyak.

“Untuk posisi Wakil Ketua I DPRD pengganti Sokhidin nanti usulan dari Fraksi Gerindra,” ujarnya.

Sementara itu, usai mengikuti rapat paripurna pengusulan pemberhentian, Sokhidin mengungkapkan, hal itu merupakan komitmen dan konsekuensi dirinya sebagai wakil rakyat.

“Ini bentuk komitmen dan konsekuensi saya ketika harus maju mengikuti kontestasi Pilkada, saya harus mengundurkan diri. Terkait dengan penggantian dirinya diposisi Wakil DPRD I Kota Cilegon, semua anggota DPRD dari Fraksi Gerindra memiliki peluang yang sama dan kesemua anggota fraksi boleh mengajukan lantaran dalam aturan pengajuan sebagai Wakil DPRD I, minimal 2 orang anggota,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.