Resahkan Warga, Petugas Damkar Cilegon Evakuasi Sarang Tawon Vesva

0
31

CILEGON – (BTP) – Sejumlah petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon mengevakuasi sarang tawon vesva yang berada di Lingkungan Kelelet, Kelurahan Deringo, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon pada kamis malam (15/10/2020).

Petugas damkar sendiri harus bekerja keras dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam untuk mengevakuasi sarang tawon vesva karena keberadaan sarang tawon tersebut berada diatas pohon.

Kepala Seksi Operasi Pemadaman dan Kesiapsiagaan pada DPKP Kota Cilegon Nanung Eko Siswanto yang ditemui dilokasi mengatakan, evakuasi sarang tawon vesva ini pihaknya menurunkan sebanyak 7 personil anggota dan dua unit mobil damkar.

“Dalam evakuasi ini kami menurunkan 7 personil dan dua unit mobil damkar dan sengaja dilakukan pada malam hari agar tawon yang berada disarang tidak dapat melihat,” katanya.

Nanung menjelaskan, tawon vesva ini sangat berbahaya apalagi diameter sarangnya itu hampir 120 centimeter jadi jika sarang tawon ini tidak secepatnya di eksekusi dikhawatirkan akan mengganggu dan menyerang orang yang ada disekitarnya.

“Saat mengeksekusi, kami mengalami kesulitan. Selain medannya sangat berat karena berada diatas pohon yang cukup tinggi hingga membuat anggota kita kewalahan. Namun karena sudah terlatih kami hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk eksekusi sarang tawon itu,” ujarnya.

Sementara itu, Maemanah salah seorang warga sekitar mengaku keberadaan sarang tawon itu baru berumur 1 tahun tapi pertumbuhan sarang tawon itu cukup cepat.

“Umur sarang tawon kuen mah embene setahun kang pertumbuhane gelis, ore di deleng-deleng geh wis gede, (umur sarang tawon itu baru setahun kang, pertumbuhannya cepet, ga dilihat-lihat sarang tawonnya kok cepet gede),” ujarnya.

Wanita yang disapa Ibu Mae menceritakan, sebelumnya juga ada seorang warga disengat tawon vesva tersebut, beruntung sengatanya tidak begitu berbahaya.

“Kerne kite wedih, bokan ane sing diantup maning, makanya kite laporan ke RT, Alhamdulillah saiki mah wis dievakuasi karo petugas Damkar, jadi saiki mah aman, (karena saya takut khawatir ada yang disengat lagi, makanya saya lapor ke RT. Alhamdulillah sekarang sudah dievakuasi sama petugas damkar. Jadi sekarang mah sudah aman,” tukasnya. (RMP/BTP).

Comments are closed.