Jembatan Penghubung Dua Desa di Kecamatan Banjarsari Ambruk

0
24

LEBAK – (BTP) – Jembatan yang menjadi akses jalan penghubung antar desa yang berada di Desa Kerta dengan Desa Kerta Raharja, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, ambruk sekira pukul 06.00 WIB, senin (02/11/2020).

Jembatan tersebut ambruk, setelah hujan deras mengguyur wilayah itu sejak minggu (01/11/) sore hingga Senin pagi ini.

Akibat terputusnya jembatan tersebut, warga yang bermukim di Kampung Babakan Waru, Desa Kerta Raharja yang hendak menuju Kampung Komplek Masjid, Desa Kerta harus memutar melewati jalan alternatif menuju Desa Kerta dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

“Ambruknya jembatan itu, selain kondisinya sudah rapuh juga disebabkan curah hujan yang sangat deras. Karena kemarin itu, dari pagi hingga pagi ini hujan terus-terusan. Diperparah, banyaknya sampah kayu dan bambu yang terbawa luapan air sungai dari hulu menghantam tiang-tiang jembatan,” kata Muhaemin selaku Kades Kerta, kepada awak media.

Muhaemin menuturkan, jembatan yang membentang di atas sungai Cibodas tersebut, telah dibangun sejak tahun 2014 silam. Pembangunan dibiayai hasil swadaya masyarakat di dua desa.
Jembatan tersebut sangat strategis karena menjadi akses penghubung warga dua desa di Kecamatan Banjarsari itu.

“Karena dibiayai dari swadaya masyarakat, bisa dibilang pembangunan jembatan rabat beton itu penggunaan materialnya seperti besi, pasir dan semen seadanya saja,” terang Muhaemin. (ADE/BTP)

Comments are closed.