Belasan Juta Batang Rokok Dan Miras Senilai 13,8 Miliar Dimusnahkan Bea Cukai Banten

0
33

CILEGON – (BTP) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Banten bersama unsur Forkopimda Banten memusnahkan berupa belasan juta batang rokok dan ribuan botol minuman keras impor asal Negara Singapura, dan minuman keras oplosan di pelataran dermaga Pelabuhan Indah Kiat Merak, rabu (04/11/2020).

Berdasarkan pantauan di lapangan, pemusnahan sendiri dilakukan dengan cara dibakar dan digilas dengan alat berat yang telah mendapatkan vonis tetap dari Pengadilan Negeri dan dirampas oleh negara.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten Mohammad Alfah Farobi mengatakan, barang-barang yang dimusnahkan senilai kurang lebih sebesar Rp 13,8 miliar dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 8,2 miliar, disamping kerugian materil terdapat juga kerugian immaterial berupa dampak kesehatan masyarakat, dampak gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Adapun barang yang mendapatkan persetujuan untuk dimusnahkan dari DJKN adalah: 12.590.968 batang rokok, 255 bungkus tembakau iris, 152 karton tembakau molasses, 1.256 botol minuman beralkohol tradisional jenis ciu dan 996 barang campuran,” katanya.

Selain memusnahkan barang milik negara, pihaknya juga telah menyeret pemilik gudang sebagai terpidana. Sementara importir barang yang terlibat masih dalam pengembangan oleh DJBC Banten.

“Ada tiga orang yang kita proses, dua orang telah dijatuhi hukuman masing-masing 1,6 tahun penjara dan satu orang lagi masih menjalani proses persidangan juga dalam pengembangan DJBC Banten. Adapun asalan pemusnahan barang ilegal dilakukan lantaran barang-barang tersebut yang diedarkan merupakan barang ilegal, juga dimusnahkan ini agar tidak merusak atau menghilangkan fungsi dan sifat awal barang sehingga tidak dapat dipergunakan,” tukasnya.

(MG RIA/BTP)

Comments are closed.