Pangdam lll SLW Lounching Kapal Babinsa Merah Putih di Carita Pandeglang

0
51

PANDEGLANG, (BTP) – Pangdam III/ Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, menghadiri kegiatan Lounching Kapal Babinsa Merah Putih di kampung Pagedongan Desa Sukajadi Kecamatan Carita Pandeglang Banten, yang di hadiri Danrem 064/MY Serang, para Dandim, Kapolda Banten, Forkopimda Provinsi Banten, Pjs Bupati Pandeglang, para Danramil dan Masyarakat setempat, jum’at (06/10/2020).

Dalam sambutannya, Dandim 0601 Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi mengatakan, bahwa Wilayah Korem 064 Maulana Yusuf memiliki garis pantai yang cukup luas sehingga masyarakat yang tinggal di pesisir pantai mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Namun, masih banyak para nelayan yang tidak memiliki kapal penangkap ikan yang besar untuk melaut karena mahalnya biaya produksi pembuatan kapal baik yang terbuat dari bahan dasar kayu maupun fiber.

Karena itu,masih banyaknya nelayan yang belum mampu untuk membuat serta membeli Kapal, Danrem 064 Maulana Yusuf memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan pelatihan pembuatan kapal Ferosement.

“Alhamdulillah Kegiatan pelatihan pembuatan kapal telah berhasil menyelesaikan 1 unit Kapal yang diberi nama Kapal Babinsa Merah Putih sudah selesai dan sudah bisa di oprasikan, sedangkan satu unit masih dalam proses pembuatan,” ujar Dandim Pandeglang.

Pembuatan kapal ini terbuat dari semen dengan panjang 10meter dan lebar 3 meter, pembuatan kapal ini intinya paling murah di bandingkan kapal kapal yang lain, kapal yang dari kayu paiber harganya ratusan juta, pembuatan kapal dari semen ini cukup murah hanya Rp 17.150.000 saja sudah jadi.”anggaran sendiri Angkatan Darat dari modim, dalam pembuatannya tidak ada kesulitan yang di kerjakan oleh anggotan Korem 064/MY dan Kodim 0601 PDG,” jelasnya.

Sementara Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam kesempatan itu memberikan apresiasi sekaligus merasa bangga kepada para Babinsa jajaran Korem 064 Maulana Yusuf yang telah berhasil menyelesaikan pembuatan satu unit kapal ferosement hanya dalam waktu 21 hari saja.

“Keberhasilan para Babinsa membuat kapal ferosemen yang diberi nama Kapal Babinsa Merah Putih dengan panjang 10 meter dan lebar 3 meter diharapkan dapat menjadi percontohan serta membantu para nelayan di wilayah Korem 064/ Maulana Yusuf dalam meningkatkan ketahanan laut,” terangnya

Pembuatan kapal ini baru di Kabupaten Pandeglang saja dan akan di kembangkan di kodim kodim yang lain khususnya di daerah pantai.

“Ini merupakan keberhasilan para Babinsa jajaran Korem 064/ Maulana Yusuf, yang harus kita apresiasi dan kita dukung guna ketahanan laut serta untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Harapan saya bisa membantu kesulitan masyarakat apakah nanti bisa digunakan masyarakat untuk mencari ikan dan lain sebagainya,intinya dengan pembuatan kapal ini bisa mensejahterakan masyarakat nelayan,” harapnya. (ADE/BTP)

Comments are closed.