Menteri LHK Tinjau Progres Padat Karya Penanaman Mangrove

0
37

SERANG – (BTP) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar melakukan kunjungan kerja kegiatan Padat Karya Penanaman Mangrove (PKPM) di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, sabtu (07/11/2020).

Pada kunjungan kerja ini, Menteri Siti melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat setempat dan meninjau langsung pelaksanaan PKPM yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Segara Biru di wilayah itu.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, kunjungannya ini berdasarkan dari laporan kegiatan PKPM juga atas arahan Bapak Presiden Jokowi bahwa PKPM dilaksanakan sejak September dengan target penanaman mangrove seluas 15.000 hektar.

“Saya ke sini incognito yang artinya inspeksi langsung ke lapangan pelaksanaan padat karya penanaman mangrove disini,” katanya disela-sela kunjungan kerjanya.

Menteri Siti melanjutkan, setelah mengecek di lapangan ternyata bisa mencapai 16.000 hektar lebih dengan melibatkan lebih dari 30.000 orang dalam 50 hari kerja atau bila dihitung dengan jumlah hari orang kerja mencapai lebih dari 1,5 juta hari orang kerja (HOK).

“Tadi saya sudah cek disini satu hari mereka bekerja dari jam 8 hingga jam 4 sore dan mendapatkan uang 80.000 perhari dan uangnya langsung ditranfer ke rekeningnya masing-masing,” lanjutnya.

Tak hanya itu, politisi dari partai nasdem ini mengaku, ada kucuran dana untuk kelompok yang digunakan untuk pembinaan dan untuk kegiatan lain dalam kelompok, misalnya untuk pengadaan bibitnya.

“Kita juga disini untuk membangun kepedulian masyarakat, selain mendorong pemulihan ekonomi dan ekosistem mangrove, juga sebagai kepedulian masyarakat terhadap kondisi ekosistem mangrove yang salah satunya dapat dilakukan dengan kegiatan penanaman mangrove,” tukasnya.

(mg ria/btp)

Comments are closed.