Berikan Pendidikan Politk, ASN Wajib Netral Di Pilkada Cilegon

0
48

CILEGON – (BTP) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon menggelar sosialisasi pendidikan politik dalam rangka menjaga netralitas ASN pada Pilkada serentak disalah satu hotel di Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Selasa (10/11/2020).

Kepala Badan Kesbangpol Kota Cilegon Andi Affandi mengatakan, diberbagai kesempatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Cilegon selalu menegaskan agar pada Aparatur Sipil Negeri (ASN) untuk netral dan tidak memihak kepada salah satu paslon yang maju dalam pilkada yang digelar 9 Desember mendatang.

“ASN wajib Netral dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis apalagi mendukung salah satu pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon karena sudah undang-undang telah mengaturnya,” katanya.

Andi menuturkan, ASN sebagai bagian dari birokrasi diharapkan tidak lagi menjadi alat kekuasaan akan tetapi merupakan bagian dari kebutuhan masyarakat. Political Wiil dari negara adalah untuk menjadikan ASN netral dalam politik dimaksudkan untuk menghindari adanya penyalahgunaan kekuasaan (Abuse of power).

“Kami berharap khususnya ASN di Kota Cilegon harus dapat bersikap netral dan bebas dari intervensi politik praktis, maupun memberikan dukungan secara khusus kepada salah satu paslon Walikota dan Wakil Walikota pada proses pilkada yang sedang dan akan berlangsung. Sehingga pelakasanaan Pilkada Kota Cilegon Tahun ini berjalan kondusif, aman dan lancar,” tukasnya.

(Mg Ria/Btp).

Comments are closed.