Pandeglang Jadi Zona Kuning Menurunnya Kasus Covid-19

0
38

PANDEGLANG — (BTP) – Semula wilayah Kabupaten Pandeglang ditetapkan sebagai zona oranye Covid-19. Namun saat ini statusnya kembali menjadi zona kuning, setelah angka kasus positif Covid-19 mengalami penurunan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pandeglang, Achmad Sulaeman menyatakan, ditetapkannya Pandeglang ke zona kuning di Provinsi Banten, merupakan kerja keras semua pihak. Baik masyarakat ataupun tim Satgas (satuan tugas) di lapangan.

“Angka penyebaran atau kejadiannya sudah mulai memgalami penurunan. Namun pemantauan kasus memang tetap ada, karena kami rajin melakukan pemeriksaan Swab di beberapa tempat. Sehingga ada aja yang kasus konfirmasi atau positif,” kata Sulaiman, Kamis (12/11/2020).

Sulaiman mengungkapkan, kasus konfirmasi positif Covid-19 mulai mengalami penurunan terhitung sejak sebulan terakhir ini. Meski ada penambahan jumlah kasus baru lanjutnya, jumlah itu diklaimnya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Jadi meski ada kasus baru tapi jumlahnya tidak setinggi dua bulan atau tiga bulan lalu. Sebelum 17 Agustus, angka positif masih stabil, tapi pas habis bulan itu sudah ratusan dan langsung dalam tempo 3 minggu melejit. Serta sekarang sudah mulai melambat dan ini yang menjadikan Pandeglang zona kuning,” jelasnya.

Menurut Sulaiman, kemungkinan faktor menurunnya temuan kasus positif di Kabupaten Pandeglang, karena masyarakat mulai sadar dan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu juga dapat terlihat di beberapa lokasi yang sering dikunjungi warga. Kata dia, di sana masyarakat sudah mulai sadar untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

“Kesadaran masyarakat makin kesini makin meningkat. Kayak di pasar masyarakat mulai pakai masker. Besok kami juga mau membagikan masker di seluruh kecamatan yang ada di Pandeglang,” klaimnya.

(Dan.red)

Comments are closed.