Paripurna DPRD Pandeglang Soroti Minimnya Serapan Anggaran Akibat Covid-19

0
26

PANDEGLANG – (BTP) – DPRD Pandeglang menggelar sidang paripurna dengan agenda pemandangan umum fraksi tentang APBD tahun 2021 yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Tb Udi Juhdi didampingi tiga pimpinan H. Gunawan, Tb Asep Rafiudin Arip dan Fuhaira Amin, yang juga dihadiri Pjs Bupati Gunawan, serta Pimpinan Forkopimda, Sekda dan para OPD dilingkungan Pemkab Pandeglang, Kamis (12/11/2020)

Rapat paripurna itu kourum dihadiri 36 anggota DPRD Pandeglang dari 50 anggota yang ada.

Paripurna diawali Pandangangn umum Fraksi Gerindra yang disampaikan oleh Fikri Febriansyah selaku Ketua Fraksi mengatakan bahwa setelah mencermati yang disampaikan saudara Pjs Bupati Pandeglang, fraksi gerindra menyetujui rancangan peraturan daerah tentang rancangan APBD tahun 2021 tersebut.

“APBD tahun 2021 harus menggambarkan problem solver dari persoalan yang dihadapi, agar target-target pembangunan dapat tercapai secara optimal sebagaimana telah ditetapkan menjadi tema yaitu melanjutkan pemantapan pembangunan dalam penanganan infrastruktur dan masyarakat pra sejahtera melalui pengelolaan potesi daerah,” katanya.

Fraksi Golkar yang disampaikan Ketua Fraksinya, H.Tb.A Khotibul Umam menyampaikan keperihatinan dengan kondisi Pandeglang, dengan keterbatasan anggaran yang menjadi momok dari tahun-ketahun diperparah dengan mewabahnya Covid-19 sebagai pandemi tentu saja sangat berdampak ekonomi nasional yang tumbuh minus 5,5 %. Dan bicara Indonesia tak bisa dipisahkan dengan kondisi ekonomi di daerah.

“Kabupaten Pandeglang sendiri terdapat penurunan PAD secara signifikan dari sektor retribusi daerah. Tentu saja ini berimbas pada penurunan belanja daerah, baik langsung maupun tidak langsung. Pada APBD tahun 2021 pendapatan derah diproyeksikan Rp 1,9 Triliun lebih yang bersumber dari PAD dan Pendapatan Transfer.” ungkapnya.

Sedangkan Fraksi Demokrat terus mendorong Pemda untuk terus lebih meningkatkan kualitas infrastruktur dan peningkatan layanan dasar, kesehatan, pendidikan maupun sarananya, dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat.

“Pemda juga agar berusaha memaksimalkan untuk mengakomodir seluruh program kegiatan, baik nasional yang sudah dianggarkan yang dituangkan dalam visi misi Pemkab Pandeglang, terutama bidang pendidikan, kesehatan, kepariwisataan. Itu semua untuk melanjutkan pembangunan dalam penanganan infrastruktur dan pra sejahtera.” tandasnya.

Semua fraksi dalam pemandangan umumnya menyikapi persoalan infrastruktur untuk lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan guna peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dan mendorong optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Pandeglang.

(Dan/Btp)

Comments are closed.