Angka Pelanggar Capai Jutaan, Kapolda Banten Terus Ingatkan Warga Sadar Prokes

0
46

SERANG – (BTP) – Kepala Kepolisian Daerah Irjen Pol Fiandar menghimbau kepada masyarakat di tanah jawara ini, untuk tingkatkan kesadaran dalam menerapkan dan mentaati protokol kesehatan (prokes). Sebab, berdasarkan data yang diperoleh dari Polri, angka pelanggaran kesehatan di Indonesia masih tinggi.

“Jika dihitung dari jumlah pelanggar prokes sesuai dengan data yang tercatat di Polri, yakni terdapat 3,8 Juta warga pelanggar,” kata Kapolda Banten, melalui siaran persnya yang diterima bantentop.com pada rangkaian acara HUT Brimob ke- 75, Sabtu (14/11/2020).

Menurutnya, terhitung dari Rabu 14/10 hingga Kamis 5/10 Tahun 2020, angka pelanggar prokes sudah mencapai jutaan orang. Kemudian, untuk di wilayah Polda Banten sendiri tercatat selama pelaksanaan operasi Yustisi yang dimulai pada 14-10 hingga -13- 11 terdapat sebanyak 270.692 pelanggaran prokes.

Berikut, rincian data pelanggaran prokes yang diberikan sanksi, seperti teguran lisan sebanyak 189.824. Sedangkan teguran tertulis 36.055. Serta sanksi kerja sosial 44.752 dan sanksi denda administrasi tercatat sedikitnya, 61 pelanggar.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir. Saya minta masyarakat Banten, sadar akan pentingnya meminimalisir pencegahan dan penularan wabah tersebut,” ujarnya.

Pengaruh bertambahnya kasus yang terkonfirmasi virus covid-19, tentu bermula dari adanya kerumunan masa yang berlebihan. Sehingga, jika hal ini terus dilakukan, tentu penularan dan pencegahan tidak akan efektif.

“Saya mohon agar kita saling menjaga dan mengikuti protokol kesehatan demi kebaikan bersama. Semoga masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan prokes, agar mata rantai penularan Covid-19 akan terputus. Kemudian saya berpesan hindari kerumunan masa, rajin memakai masker dan terapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun,” pintanya.

(Bin/Btp).

Comments are closed.