Jumat, 29 Maret 2024
Politik

Persiapan Debat Calon Walikota Cilegon Diputuskan Dua Kali, Ini Jadwalnya

CILEGON – (BTP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar sosialisasi persiapan pelaksanaan debat publik Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon yang berlangsung di Kantor KPU Kota Cilegon, yang dihadiri oleh masing-masing tim sukes pasangan calon, Bawaslu dan dari unsur Forkopimda Kota Cilegon, Senin (16/11/2020).

Komisioner KPU Kota Cilegon Pachturahman mengatakan, pelaksanaan debat terbuka Calon Walikota dilakukan selama dua kali yang akan ditayangkan di dua stasiun televisi swasta yakni di Inews dan Metro TV.

“Kita telah putuskan bersama bahwa debat publik akan dilakukan selama dua kali di tanggal 21 dan 28 November 2020 pada pukul 14:00-16:30 WIB. Karena di Kota Cilegon ada empat pasangan calon kita diberikan waktu lebih panjang yakni 120 menit,” katanya.

Pria yang akbar disapa kang Pachtur ini menjelaskan, pelaksanaan debat terbuka Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon akan dibagi dua tema, yang pertama kota industri untuk semua dan yang kedua terkait pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

“Ada dua tema debat, debat publik yang pertama kota industri untuk semua dan kedua soal pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan debat juga untuk menyampaikan visi, misi, program dan gagasannya untuk lima tahun kedepan dalam memimpin kota baja dengan dipandu oleh 5 panelis,” jelasnya.

Pada saat debat publik, pihaknya juga akan mengikuti sesuai arahan KPU RI ditengah pandemi Covid-19 akan membatasi jumlah pengunjung yang masuk di arena debat dengan jumlah sebanyak enam orang.

“Kita batasi, karena yang membatasi bukan dari KPU Cilegon tapi dari arahan KPU RI untuk menghindari kerumunan masa, dan yang diperbolehkan masuk hanya enam orang, satu pasangan calon, dua orang dari tim Leasing Offiser atau LO dan dua lainnya dari tim sukses,” tukasnya.

Sementara itu, pada Pilkada di Kota Cilegon sendiri terdapat empat pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota dengan nomor urut satu Ali Mujahidin berpasangan dengan Firman Mutakin, nomor urut dua Ratu Ati Marliati dengan Sokhidin, nomor urut tiga Iye Iman Rohiman dengan Awab dan nomor urut empat Helldy Agustian dengan Sanuji Pentamarta.

(Mg Ria/Btp)