KPU Kota Cilegon Bekali Petugas PPS Pemahaman Aplikasi Sirekap – Bantentop

0
19

SERANG – (BTP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara serta Pendalaman Penggunaan Sirekap terhadap ratusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Kelurahan yang bertempat di salah satu hotel Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Kamis (26/11/2020).

Komisioner KPU Kota Cilegon Eli Jumaeli saat ditemui mengatakan, ini merupakan kegiatan Bimbingan Teknis untuk penyelenggara ad hoc di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan.

“Ini memang harus kita lakukan karena mereka harus melakukan monitoring ke TPS-TPS atau KPPS yang ada di wilayah kerjanya masing-masing. Dan tentu pemahamannya harus sama seperti halnya pemahaman tentang bagaimana mekanisme dan prosedur pemungutan suara di TPS,” katanya.

Eli melanjutkan, para Panitia Pemungutan Suara (PPS) dibekali dengan pemahanan penggunaan aplikasi sirekap. Namun hal itu tidak menjadi sarana utama sebagai dasar rekapitulasi di tingkat Kecamatan, akan tetapi menjadi sarana informasi untuk hasil proses rekapitulasi di TPS

“Oleh karena itu, mereka (PPS.red) masih tetap diberikan materi terkait dengan penggunaan aplikasi sirekap. Tak hanya itu, mereka juga dituntut untuk memahami dan mengetahui betul tugas dan wewenang dan kewajiban mererka bagaimana mekanisme di hari pemungutan suara,”

Eli menjelaskan, aplikasi sirekap akan terintegrasi dengan KPU RI di hari yang sama dan dikirim melalui sirekap agar bisa memantau hasil penghitungan suara di TPS untuk akan diumumkan dilaman KPU atau Website KPU RI.

“Jadi dengan adanya aplikasi sirekap, publik juga bisa mengakses hasil penghitungan suara dilaman KPU dengan mengklik di website KPU RI.goid. Kita juga tetap melakukan penghitungan secara manual dalam formilir C hasil KWK salinan beberapa rangkap, dan itu akan kita dibagikan kepada pengawas TPS, para saksi serta ditampilkan di setiap TPS,” jelasnya.
(Ria/BTP)

Comments are closed.