Lebak Terus Bersolek Di Sektor Pariwisata, Kini Ada Kebun Strawberry Hingga Agrowisata Durian – Bantentop

0
27

LEBAK – (BTP) – Kabar baik menghampiri Kabupaten Lebak. Bagaimana tidak, daerah yang tengah bersolek di sektor pariwisata ini akan banyak dikunjungi masyarakat.

Bukan tanpa alasan, sebagai daerah penyangga ibukota, Lebak memiliki ‘segudang’ pariwisata baik alam maupun budaya.

Teranyar, Kebun Strawberry dan Agro Wisata Durian baru saja tercetus di Bumi Multatuli.

Melalui ‘tangan hangat’ Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak, dua destinasi wisata itu menambah deretan wisata Kabupaten Lebak yang layak untuk dikunjungi.

Terletak di Desa Citorek Tengah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Kebun Strawberry berhasil berdiri setelah Distanbun Lebak bekerjasama dengan seorang petani bernama Asmat (49).

Sedangkan, Agrowisata Durian yang terletak di Desa Cisimeut Raya, Kecamatan Leuwidamar merupakan hasil kolaborasi Distanbun Lebak dengan petani millenial, yakni Jihan.

“Ini salah satu bentuk mendukung visi misi ibu bupati Lebak menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal,” kata Kepala Distanbun Lebak, Rahmat Yuniar kepada Juaramedia, Selasa, (1/12/2020).

Terlahirnya dua wisata itu juga merupakan Proyek Perubahan (Proper) Rahmat pada pelatihan kepemimpinan tingkat 2.

“Saat pelatihan kepempimpinan tingkat 2 para peserta diwajibakan membuat proper atau proyek perubahan dengan judul peran pertanian dan perkebunan sebagai potensi lokal dalam memperkuat destinasi wisata di Kabupaten Lebak,” imbuhnya.

“Kebun strawberry ini dibuat untuk mendukung destinasi wisata negeri diatas awan, sedangkan menata kawasan agrowisata durian untuk mendukung destinasi baduy serta penyedian oleh-oleh khas lebak disetiap destinasi wisata. Salah satunya jahe merah dan gula aren,” papar mantan Dinas Ketahanan Pangan ini.

Rahmat mengaku akan mengembangkan kebun strawberry dan agrowisata durian di tahun 2021.

“Insha Allah tahun depan kita penambahan dan pengembangan,” pungkasnya.

(bud/Btp)

Comments are closed.