Dandim Terjunkan Tim Evakuasi dan Salurkan Bantuan Logistik ke Lokasi Bencana

0
41

Lebak – BTP – Dandim 0603 Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi menerjunkan tim evakuasi penanggulangan bencana dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Lebak.

Tim yang merupakan personil TNI angkatan darat (AD) yang berada dibawah Komando Distrik Militer (Kodim) 0603 Lebak sendiri disebar ke 20 Kecamatan yang terdampak banjir.

“Kita telah terjunkan tim yang nantinya berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak terkait lainnya untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana, ” ujar Dandim saat meninjau lokasi banjir di Kampung Wanti, Desa Wantisari, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Selasa (8/12/2020).

Dandim mengungkapkan, dari data sementara yang berhasil dihimpun, dalam banjir yang disebabkan oleh luapan air sungai Ciujung-Ciberang hingga Cisimeut ini terdapat 1.880 rumah terendam banjir, dan 8 jalan serta jembatan rusak.

Ungkapnya, Kodim 0603 Lebak sendiri juga sudah menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak banjir, khususnya yang berada di beberapa posko pengungsian, seperti di Gedung Juang, Jalan Multatuli, Rangkasbitung. Kedepan, jika kondisi banjir yang tidak kunjung surut, pihaknya juga akan membuka dapur umum dilokasi pengungsian warga.

“Alhamdulillah bantuan sudah kami salurkan kepada warga, InsyaAllah warga akan kami terus monitoring, dan kebutuha pokok mereka terpenuhi, ” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim mengimbau agar seluruh masyarakat di Kabupaten Lebak untuk senantiasa waspada akan segala potensi bencana yang dapat terjadi.

“Kita tahu sendiri saat ini hujan deras terus mengguyur wilayah kabupaten Lebak, yang mana pada cuaca extrem tersebut dapat menimbulkan potensi-potensi bencana seperti banjir susulan maupun longsor. Untuk itu, kami imbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lebak untuk selalu waspada, jauhi pinggiran sungai maupun tebing-tebing, dan selalu mengikuti arahan petugas setempat, ” pungkasnya.

(De)

Comments are closed.