Dimasa Pandemi Covid-19, PKBM Cundamani Gelar Ujian PAS Online

0
87

LEBAK – (BTP) – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cundamani di Kampung Tegal RT. 01/01 Desa Panyaungan Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak menggelar kegiatan Penilain Akhir Semester (PAS) menggunakan kertas dan juga melalui online. Hal ini sesuai dengan intruksi pemerintah pusat dan daerah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka pencegahan penularan Covid -19 sehingga mengintruksikan semua kegiatan belajar atau kegiatan lainnya di wajibkan melalui online.

Ketua PKBM Cundamani, Iim Saripudin mengatakan, penilain akhir semester merupakan kegiatan penilaian atau ujian yg di selengagrakan di PKBM Cundamani, baik ujian melalui media kertas bagi yang tidak memiliki handphone android, dan juga ujian melalui online bagi peserta yang memiliki handphone android.

“Kegiatan PAS dimulai dari hari Kamis 10 Desember hingga hari Minggu 13 Desember 2020 dengan waktu mulai jam 13.00 sampai jam 16.00,”kata Iim kepada wartawan, Minggu (13/12).

Ditambahkan Iim, untuk peserta didik yang tidak mempunyai android maka ujian menggunakan media kertas dan dikerjakan dirumah masing-masing juga sebagian dikerjakan di ruang kelas PKBM dengn mematuhi protokol kesehatan.

“Bagi peserta didik yang mengikuti PAS online mendapatkan kartu ujian dengan car memasukan username dan pasword. Lalu, peserta didik dapat mengakses PAS online interaktif. Saat login peserta didik terekam secara sistem sehingga panitia PAS dapat dengan mudah dalam mengidentifikasi peserta didik yg terlambat, bahkan yang tidak mengikuti PAS mata pelajaran yg sedang di ikuti,”katanya.

Peserta didik yg mengikuti PAS kertas, sambung IIm, selalu mematuhi protokol kesehatan. “Peserta didik datang ke lembaga PKBM harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker serta menjaga jarak didalam kelas dalam mengerjakan soal PAS,”ujarnya.

Sementara itu, Saepul Bahri, salah seorang peserta didik yang duduk di kelas 12 yang juga salah seorang pekerja di perusahaan di Kecamatan Bayah mengaku semangat dalam mengikuti PAS.”Kita selalu semangat dalam mengikuti ujian ini. Apalagi mengerjakan ujian melalui online ini saya bisa mengerjakan dimana saja termasuk di tempat kerja,”katanya. (Eko/Btp)

Comments are closed.