Kamis, 18 April 2024
Kesehatan

Bupati Serang Tunjuk Kadinkes Jubir Vaksinasi

SERANG – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Serang, dr Agus Sukmayadi ditunjuk sebagai Juru bicara (Jubir) Daerah Kabupaten Serang terkait sosialisasi proses vaksinasi. Penunjukan disampaikan langsung oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.

“Untuk di Kabupaten Serang selain jubir satgas yang pasti jubir vaksinasi kadinkes, karena sangat lebih spesifik terkait kesehatan,”ujar Tatu dalam keterangan tertulisnya yang di kirim Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang Senin, 14 Desember 2020.

Meski akan adanya vaksinasi, Tatu tetap mengimbau serta menekankan kesadaran masyarakat minimal dengan menerapkan 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. “Itu sudah harus melekat, ini yang harus terus di dorong karena masih benyak yang belum melekat,”katanya.

Kemudian yang sangat penting, lanjut Tatu, masyarakat juga harus menjaga stamina dengan berolah raga minimal berjalan kaki dibawah terik matahari untuk menaikan stamina. Disisi lain juga menjaga pola makan. “Kalau makan jangan jorok. Jadi walaupun terpapar stamina bagus itu mudah disembuhkan, berbeda dengan stamina yang buruk akan semakin buruk. Jadi minimal terapkan 3 M,”tandasnya.

Sementara Kadinkes Kabupaten Serang, dr Agus Sukmayadi mengatakan, bahwa sampai saat ini memang tahapan sesuai dengan petunjuk Kementrian Kesehatan (Kemenkes) sedang melakukan pendataan sasaran untuk tahap awalnya seluruh tenaga kesehatan (nakes) baik nakes Pemda Serang, swasta maupun TNI dan Polri itu awal pertama.

“Untuk vaksinasi itu tenaga kesehatan, dilanjutkan setiap OPD yaitu PNS atau ASN, TNI Polri yang melakukan kegiatan berhubungan langsung dengan masyarakat. Kemudian tahapan kedua sarana yang dibutuhkan termasuk utama penunjangnya. Karena untuk pelaksanaan vaksinasi memerlukan saran yang lain yaitu perencanan dan anggaran, setelah itu tahapan sosialisasi ditingkat kabupaten sampai tingkat kecamatan,”ungkapnya.

“Setelah itu akan ada pelatihan vaksinatornya atau metode dan lainnya. Untuk saat ini masih menunggu vaksin mana yang dipilih pemerintah,”tambah Agus.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan, penunjukan juru bicara vaksinasi daerah berdasarkan hasil rapat koordinasi melalui video conference bersama Pemerintah Pusat.

“Pemda Kabupaten Serang diminta untuk menunjuk juru bicara terkait vaksin yang akan di berikan ke masyarakat, sehingga akan menjadi narahubung dengan KPCPEN (Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) dan stakcholder di masyarakat,”ujar Anas.
(Fr.red)