Jalan Cibayawak Tak Kunjung Dibangun, Warga Bayah Ancam Aksi Tutup Jalan

0
194

Ruas Jalan Cibayawak tengah diperbaiki

LEBAK – (BTP) – Rusaknya jalan raya Cibayawak yang berlokasi di Desa Darmasari menuju arah tempat wisata Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, oleh aktivitas kendaraan besar dari perusahaan setempat membuat masyarakat geram, sehingga berbuntut akan melakukan aksi penutupan ruas jalan oleh Aliansi Masyarakat Lebak Selatan (AMLS) khususnya untuk aktivitas kendaraan besar.

Koordinator AMLS, Hasan Sadeli mengatakan, aksi penutupan tersebut akibat warga sudah geram, sebab pemerintah dan perusahaan berdiam diri dan tutup mata dengan kondisi jalan yang semakin hari bertambah rusak.

“Ini jelas suatu pembiaran yang dilakukan pihak terkait, padahal jalan Cibayawak ini akses menuju tempat wisata Pulo Manuk dan Sawarna tapi dibiarkan ancur seperti itu. Yang meskipun sekarang ada perbaikan, namun masih tetap becek dan licin. Kami minta pembangunan secara permanen, misalnya memakai rabat beton,” kata Sadeli, Selasa (22/12/2020)

Sadeli mengaku, masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Lebak Selatan akan melakukan aksi penutupan lokasi jalan Cibayawak khusus untuk aktivitas kendaraan berat dari perusahaan.

“Kecuali untuk masyarakat umum, kendaraannya bisa lewat. Aksi penutupan jalan Cibayawak dilakukan sebagai aksi protes untuk menarik perhatian pihak terkait agar mendapat kepastian kapan jalan tersebut akan dibangun, bukan hanya sebatas taburi pakai limston saja. Kepastian pembangunan jalan secara permanen harus jelas bukan hanya ucapan saja, harus tertulis. Kami sudah capek kami di PHP in oleh pihak perusahaan. Insyaallah hari ini kita akan melayangkan surat pemberitahuan aksi kepada pihak Muspika Kecamatan Bayah, termasuk kepada perusahaan,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Bayah, A. Erwin Komara Sukma mendukung langkah masyarakat yang akan melakukan aksi.

“Saya akan hadir dan ikut aksi pada waktunya. Kita masyarakat merasa diabaikan hak kita sebagai pengguna jalan oleh pihak perusahaan, makanya saya sangat mendukung kegiatan aksi itu,” ujar pria yang akrab disapa Aa ini.

Aa berharap, kepastian pembangunan Jalan tersebut jelas bukan cuma omong kosong doang.

“Kalau mau dibangun PUPR Lebak ya cepat bangun tapi kalau memang itu tanggung jawab PT Cemindo Gemilang secepatnya segera dibangun jalan tersebut. Apalagi jalan Cibayawak adalah pintu gerbang menuju kawasan wisata Sawarna, sementara setiap hari jalan Cibayawak dipenuhi oleh mobil-mobil berat Damtruk perusahaan,” harapnya.

Hingga berita ini ditayangkan, bantentop.id masih berupaya melakukan konfirmasi kepada pihak Dinas PUPR Kabupaten Lebak. (Eko/Btp).

Comments are closed.