Basarnas Banten Imbau Penumpang dan Wisatawan Waspadai Cuaca Buruk

0
113

CILEGON – (BTP) – Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan Sar Nasional (Basarnas) Banten mendirikan posko siaga di dermaga tiga Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Rabu (23/12/2020).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banten M Zainal Arifin saat ditemui mengatakan, pelaksanaan siaga angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 dimulai dari tanggal 18 sampai 4 Januari 2021 untuk mendukung kelancaran pada angkutan penumpang di Pelabuhan Merak dan juga giat wisata di seluruh pantai wisata di Banten.

“Kita dirikan posko di Pelabuhan merak yang setiap harinya ada 4 petugas. Tapi yang lainnya juga tetap siaga. Untuk evakuasi korban kita siapkan termasuk alat selam, dan lainnya yang juga ada alat utama kapal yang juga kita siapkan di Pelabuhan Indah Kiat,” katanya.

Zaenal melanjutkan, penyiagaan petugas Sar dan alat utama kapal patroli seperti KN Drupada dan KN Basudewa serta 50 petugas Sar yang disiagakan dan disebar di daerah tempat wisata untuk mewaspadai terjadinya kondisi darurat yang dapat digunakan untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi sebagai antisipasi terjadinya gangguan yang mengancam keselamatan penumpang maupun wisatawan.

“Untuk tahun ini kita persiapan penyiagaan patroli Sar berbeda dengan tahun sebelumnya dengan menerapkan protokol kesehatan terhadap para anggota Sar. dan kita juga mengimbau kepada pengguna jasa penumpang di Pelabuhan Merak dan wisatawan pantai di Banten untuk berhati-hati dan mewaspadai apabila sewaktu-waktu terjadi cuaca buruk. Lebih baik tunda perjalanan dan bila perlu tetap berdiam dirumah,” tukasnya.

(Ria/Btp)

Comments are closed.