Ancam Keselamatan Pengendara, Polsek Kota Pandeglang Gagalkan Balap Liar

0
74

PANDEGLANG – (BTP) – Jajaran Polsek Kota Pandeglang, gagalkan aksi balapan liar yang dilakukan sekelompok remaja di area Stadion Badak melalui giat operasi. Bahkan, sejumlah kendaraan yang kerap dipergunakan pengendara melewati batas kecepatan maksimum, berhasil diamankan petugas.

“Aksi balapan liar sudah kita gagalkan. Kemudian, puluhan kendaraannya juga diamankan,” kata Kapolsek Kota Pandeglang, Kompol Herry Fitriyono pada awak media, Rabu (06/01/2021).

Dijelaskannya, digelarnya operasi atau razia balapan liar di area Stadion Badak. Bermula dari adanya laporan warga setempat yang mengaku resah dan merasa terganggu.

“Kegiatan operasinya dilakukan, Selasa 5 Januari 2021 dari sore hingga malam,” terangnya.

Menurutnya, selain memicu keresahan warga, aktivitas balapan liar di Stadion Badak ini menimbulkan rasa kekhawatiran dan mengancam keselamatan pengendara, khususnya warga setempat saat melintas di area tersebut.

“Tindakan kami, tentu menindak tegas para pembalap liar tersebut,” ungkapnya.

Lanjut Herry, pada saat operasi, banyak remaja tengah menonton aksi balapan liar. Kemudian, karena mereka mengetahui akan kedatangan personel Satlantas Polsek Kota Pandeglang, sekelompok remaja pun ada yang berusaha kabur dan meninggalkan kendaraannya di pinggir jalan.

Berikut sanksi bagi yang menggelar aksi balapan liar di jalanan, yakni melanggar UU No. 22 Tahun 2009 Tentang LLAJ pasal 115.

“Pada pasal 115 dijelaskan, bahwa pengendara dilarang untuk mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan dan berbalapan dengan kendaraan bermotor lainnya,” jelasnya.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang berada diwilayah hukum Polsek Kota Pandeglang, Polres Pandeglang, agar menjaga anak-anaknya untuk tidak ikut melakukan balapan liar.

“Kami dari Polsek Kota Pandeglang, menghimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak usia remaja, agar menjaga anaknya untuk tidak ikut balapan liar. Karena bisa membahayakan diri sendiri, dan juga orang lain. Apalagi sekarang masih dalam masa pandemi Covid-19, itu kan berkerumun. Jadi kita galakan juga protokol kesehatannya,” pungkasnya. (De/Btp)

Comments are closed.