Polres Cilegon Bongkar Peredaran Sabu Antar Pulau Senilai 13,8 Miliar

0
130

CILEGON – (BTP) – Petugas gabungan dari tim buru sergap dari Satuan Narkoba Polres Cilegon dan Polres Serang Kota berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis sabu seberat 13,8 kilogram asal Pulau Sumatera yang hendak dijual ke Pulau Jawa yang dikirim melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono saat gelar perkara di depan halaman Mapolres Cilegon mengatakan, sabu-sabu ini disembunyikan didalam keranjang peti yang terbungkus bercampur buah alpukat yang rencananya akan dikirim ke Kota Cilegon dan sekitarnya.

“Barang bukti sabu-sabu ini terbungkus didalam buah alpukat. Mendengar adanya pengiriman paket yang mencurigakan itu, anggota kita (Polres Cilegon dan Polres Serang Kota) langsung mengecek barang yang mencurigakan itu di salah satu halaman rumah makan di kawasan Merak sebelum diambil oleh pemiliknya. Akan tetapi setelah dicek peti tersebut anggota kita berhasil menemukan 13 paket sabu-sabu,” katanya, Jumat (08/01/2021).

Kapolres menambahkan, selain berhasil menyita barang haram yang dikemas dalam bungkus plastik kemasan teh cina yang didalamnya menyerupai kristal bening, petugas juga berhasil mengamankan tiga orang pelaku yang berinisial AP dan ZE. Namun satu diantaranya berinisial MS tewas lantaran melawan petugas saat hendak dilakukan penangkapan sehingga petugas memuntahkan timah panas dan dilarikan ke rumah sakit Adnan Payakumbuh.

“Selain mengamankan kedua tersangka, kita juga berhasil mengamankan kendaraan minibus kijang inova serta beberapa unit handphone. Baru kali ini dalam sejarah Polres Cilegon menyita sebanyak 13 paket sabu senilai 13,8 miliar rupiah,” tambahnya.

Kapolres menegaskan, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 undang-undang tentang narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.

“Anggota kita masih terus melakukan pengembangan kasus tersebut untuk bisa membongkar sindikat peredaran sabu-sabu antar pulau. Dengan terungkapnya peredaran sabu ini kita berhasil menyelamatkan 300 ribu lebih generasi muda indonesia dari penyalahgunaan narkoba,” jelasnya. (Ria/Btp)

Comments are closed.