Babinsa Koramil 0311 Cileles Bikin Bonsai Kelapa

0
138

LEBAK – (BTP) – Dengan memanfaatkan melimpahnya pohon kelapa, Sertu Jaja salah seorang Babinsa yang bertugas di Koramil 0311/Cileles, Kabupaten Lebak, membuat Bonsai dari bahan kelapa. Jenis tanaman Bonsai kelapa ini memiliki bentuk yang cukup unik sehingga cukup banyak diminati sebagai tanaman penghias halaman rumah.

Sertu Jaja mengaku, membuat Bonsai dari pohon kelapa awalnya untuk mengisi kekosongan waktu selepas tugas dari desa binaan.

“Banyaknya varian dari pohon kelapa yang sering ditemukan saat kunjungan ke desa binaan, saya memiliki ide pohon kelapa ini ternyata bisa juga dijadikan hiasan yang unik juga, meski saat pengerjaannya memakan waktu cukup lama juga,” katanya kepada wartawan, Senin (11/01/2021).

Jaja berharap, apa yang lakukannya bisa menjadi motivasi bagi masyarakat sekitar untuk memanfaatkan tanaman sekitar menjadi sesuatu yang punya nilai seperti pohon kelapa.

“Bonsai kelapa bisa kita modif juga, dengan menambahkan batu karang atau bisa juga diukir agar dapat terlihat lebih unik,” ujarnya.

Saat ini, Sertu Jaja, hasil dari tanaman Nonsai Kelapa dibuat hanya untuk menjadi hiasan pekarangan Kantor Koramil saja agar bisa terlihat lebih indah.

“Untuk hiasan di Koramil aja sih serta motivasi masyarakat, tapi kalau misalkan ada yang minat kenapa tidak dijual untuk masukan tambahan,” tambahnya.

Sementara itu, Danramil 0311/Cileles Kapten Inf Subagyo mengapresiasi apa yang dilakukan anggotanya. Menurutnya Sertu Jaja memliki kegiatan tambahan dan tetap semangat dalam bertugas pembinaan teritorial.

“Kreatifitasnya juga patut diapresiasi mengingat selain memegang teguh sumpah sapta marga sebagai prajurit, saat luangkan waktu kosong ia berkreasi membuat tanaman Bonsai Kelapa yang bisa memberikan motivasi untuk masyarakat,” tukasnya.(Eko/Btp).

Comments are closed.