Jumat, 29 Maret 2024
Politik

Komisi II DPR RI Beri Catatan Pasca Pilkada di Banten

CILEGON – (BTP) – Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik dalam rangka evaluasi pelaksanaan Pilkada serentak di 4 daerah Kabupaten/Kota khususnya yang digelar di wilayah Provinsi Banten, yang berlangsung di salah satu hotel di Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Rabu (03/02/2021).

Dalam kunjungan spesifik yang dihadiri jajaran penyelenggara Pilkada seperti KPU Kabupaten dan Kota (Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Cilegon) Bawaslu Provinsi, Kepolisian dan TNI.

Wakil Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera mengatakan, pihaknya kritis menyoroti terjadinya politik uang dan persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terus menerus terkesan dibiarkan. Evaluasi pada kegiatan kunjungan kerja spesifik ini. Sejumlah aduan persoalan sengketa Pilkada yang masuk ke ranah Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita menyoroti dan memberi catatan pasca Pilkada serentak yang selalu terulang-ulang seperti Daftar Pemilih tetap atau DPT yang selalu terulang dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maupun Pemilu. Padahal, baik berdasarkan data di catatan sipil, Badan Pusat Statistik (BPS) dan data pemilih yang dimiliki KPU sepatutnya dapat terverifikasi meski pada pelaksanaannya masih ditemukan pemilih ganda,” katanya.

Politisi asal Partai Keadilan Sejahtera ini berharap, pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini juga menjadi bahan evaluasi agar sejumalah temuan yang menjadi persoalan bisa berjalan baik.

“Kita ingin Pilkada serentak tahun ini dijadikan bahan evaluasi yang sangat penting persoalan-persoalan krusial sehingga tidak terjadi pada pada gelaran Pilkada maupun Pemilu kedepannya,” tukasnya. (Ria/Btp)