Jumat, 29 Maret 2024
Kesehatan

Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Malingping Sementara Ditutup

LEBAK – (BTP) – Pelayanan kesehatan (Yankes) di Puskesmas rawat inap Kecamatan Malingping untuk sementara ditutup dari 02 sampai 04 Februari 2021. Langkah ini diambil, menyusul ada 7 orang Tenaga kesehatan (Nakes) yang positif terpapar Covid-19.

Demikian disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Malingping Juju Suhardi kepada awak media, Selasa (02/02/2021).

“Puskesmas Malingping ditutup dari tanggal 02 Februari sampai tanggal 04 Februari 2021. Hal ini dilakukan guna sterilisasi tempat pelayanan publik serta upaya agar wabah tidak meluas,” terang Juju.

Dijelaskannya, saat ini Nakes Puskesmas Malingping ada 7 orang yang terpapar Covid-19, sehinga guna memutus mata rantai penularan, untuk sementara para petugas Nakes tersebut diisolasi mandiri dan berhenti dari aktivitas pelayanannya.

“Masyarakat yang mau berobat, untuk sementara agar mendatangi Puskesmas atau rumah sakit terdekat, yakni Puskesmas Cipeundeuy, Cijaku, Wanasalam, dan Puskesmas Cihara,” imbaunya.

Selain itu, Juju juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena menurutnya, penanganan memutus mata rantai Covid-19 di wilayah selatan perlu diantisipasi bersama.

“Kami mengimbau kepada semua masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker saat berada di luar rumah, menjaga jarak aman, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, Triyatno Supriyono membenarkan jika Puskesmas Malingping sementara ditutup menyusul beberapa Nakes di tempat tersebut terpapar Covid-19.

“Iya, ditutup sementara tiga hari kedepan sampai hasil kontak eratnya keluar. Nakes-nya banyak yang kena (positif Covid-19),” katanya. (bud/Btp)