Sabtu, 20 April 2024
Pendidikan

Wali Murid SDN Kubang Kutu II Tolak Pendirian SMP Negeri 12 Kota Cilegon

CILEGON – (BTP) – Puluhan wali murid Sekolah Dasar Negeri Kubang Kutu II Kota Cilegon, yang berlokasi di Kelurahan Kebon Dalem, Kecamatan Purwakarta melakukan aksi unjuk rasa menolak pendirian Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kota Cilegon yang menggunakan gedung Sekolah Dasar Negeri Kubang Kutu II, Senin (24/05/2021).

Berdasarkan pantauan di lapangan, sambil membentangkan sejumlah spanduk di dalam dan luar pagar SDN Kubang Kutu II Kota Cilegon, puluhan wali murid juga menandatangani di kain berukuran 12 meter sebagai bentuk penolakan pendirian SMP Negeri 12 Kota Cilegon.

Seorang wali murid Halimah mengaku, aksi penolakan itu lantaran para murid yang sekolah di SDN Kubang Kutu II terancam dipindah di sekolah SDN lainnya atau digabungkan dengan SMP Negeri 12 dalam satu gedung.

“Ini kan sangat mengganggu aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar di SDN Negeri Kubang II Kota Cilegon. Coba cari lahan ditempat lain, jangan di sekolah kami kalau mau mendirikan SMP Negeri 12,” ujarnya.

Tak hanya itu, Halimah melanjutkan, pendirian SMP Negeri 12 yang akan menempati SDN Kubang Kutu II, para murid SDN Kubang Kutu II pasti pindah ke SD lainnya yang berdekatan dengan SDN Kubang Kutu II.

“SDN Kubang Kutu II ini kan sudah lama dibangun dan sudah menciptakan para muridnya berprestasi, tolong jangan usik kegiatan belajar anak-anak kami disini. Para murid yang sekolah di SDN Kubang Kutu II juga mencapai 500 orang, masa mau digabung dengan SMP,” lanjutnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan SDN Kubang Kutu II Hawasi mengaku, bahwa pihaknya tidak tahu menahu soal adanya pendirian Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kota Cilegon yang berada di SDN Kubang Kutu II karena itu kewenangan dari Wali Kota dan Dinas Pendidikan Kota Cilegon.

“Itu kewenangan di pusat (Wali Kota) dan Kepala Dinas Pendidikan, saya juga secara pribadi mendukung adanya SMP Negeri 12, tapi jangan di satu lokasi dengan SDN Kubang Kutu II juga,” ucapnya. (Ria/Btp)