Bahas Di Raker KONI Cilegon: Tak Ada Rangkap Jabatan, Satu Cabang Olahraga Satu Pimpinan

0
37

CILEGON – (BTP) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cilegon menggelar Rapat Kerja antara pengurus dan anggota KONI yang bertempat di salah satu hotel di Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Sabtu (05/05/2021).

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cilegon Abdul Salam Salim mengatakan, ini merupakan salah satu agenda KONI yang pada tahap awal. Biasanya itu bukan Rapat Kerja (Raker), melainkan rapat anggota tahunan. Hanya saja dalam Anggaran Dasar terbaru berubah menjadi ada Raker, biasanya Rapat Anggota Tahunan dan Raker, sekarang berubah menjadi Rapat Kerja dan Rapat Kordinasi Cabang.

“Hari ini adalah agenda pertama untuk membahas program-program yang akan kita jalani pada 2021-2022. Jadi kebijakan saya nanti teman-teman di KONI kebijakan yang tidak memacu pada Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga baik itu di KONI maupun di cabang olahraga masing-masing. Itu kebijakan saya selaku pimpinan KONI, karena saya melihat selama ini satu orang pimpin satu cabang saja susah berprestasi nya, bagaimana teman-teman membayangkan satu orang bisa pimpin 3 sampai 4 Cabang Olahraga (Cabor), itu yang saya evaluasi dan tidak boleh merangkap, hanya boleh satu orang pimpin 1 Cabor. Apabila ada rangkap jabatan pada salah satu Cabor akan saya berikan sanksi tegas,” katanya.

Abdul Salim Salam menerangkan, ada 3 Point yang pihaknya utarakan. Pertama: Bagaimana mereka cara mengelola keuangan itu, satu orang bisa meminit 4 keuangan dari cabang yang berbeda. Kedua: Tentang etika. pihaknya merasa masih banyak putra-putra Cilegon yang mampu mengelola itu. Ketiga: Masalah Prestasi. kalau itu semua mereka berprestasi pihaknya tidak punya hak untuk merubah itu. Jangankan 3,10 juga silahkan saja kalau semua nya berprestasi, karena saya lihat jadi pimpinan saya melihat segmen itu tidak ada. Maka saya merubah itu, supaya satu orang bisa fokus betul kepada satu Cabor supaya bisa menghasilkan atlit-atlit berprestasi.

“Tadi saya sampaikan juga ke Pak Wali Kota, Porprov 2018 itu kita baru punya 39 cabang, sampai hari ini 48 cabang plus tambah yang 5 jadi sekarang 53 cabang. Jadi mungkin Anggaran itu nanti teman-teman bayangin hampir 20 cabang tadi kita tambahan. mudah-mudahan Pak Wali tadi mengerti dan bisa merealisasikan itu. Saya perlu sampaikan lagi disini bahwa nanti akan diperkecil lagi. Jadi Ketua bukan hanya rangkap Ketua, Sekretaris dan Bendahara tidak boleh lagi duduk di Cabor yang berbeda supaya mereka betul-betul fokus pada satu Cabor,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, bahwa hari ini bisa kumpul bersama-sama Ketua KONI, kemudian lagi ketua Dispora, dihadiri oleh Dewan Kehormatan, dan dari wakil Ketua Umum KONI dalam rangka Rapat Kerja KONI tahun 2021. Dan mudah-mudahan menghasilkan suatu perubahan yang bisa meningkatkan prestasi olahraga terutama menghadapi PON nanti di Papua, lalu kemudian menghadapi juga tahun 2022 nanti di Aceh dan yang lainnya.

“Mudah-mudahan Cilegon ke depan dengan kepemimpinan Pak Salam harus lebih berprestasi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Saya sudah minta ke depan nantinya harus ada plang-plang yang memang disiapkan untuk mereka (atliet) berprestasi dan yang mendapat Medali Emas minimal Pemerintah Kota Cilegon harus memberikan apresiasi, apapun itu bentuk apresiasinya,” pungkasnya. (Ria/Red)

Leave a reply