Dongkrak Perekonomian, DPRD Banten Minta Pemprov Percepat Serap APBD

0
37

SERANG – (BTP) – Ketua Fraksi PDI-P DPRD Banten, Muhlis meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk mempercepat serapan anggaran ABPD Provinsi Banten tahun 2021 dalam mendongkrak perekonomian di Provinsi Banten, selama pendemi Covid-19.

Menurutnya, tahun 2021 adalah tahun percepatan pemulihan ekonomi, dan Pemprov Banten harus melakukan itu.

Hal itu sejalan dengan intruksi Pemerintah Pusat dan Presiden Joko Widodo yang menekankan pentingnya tujuan belanja pemerintah yang akuntabel, efektif dan efisien.

“Kalau serapan anggaran APBD-nya cepat, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi,” kata Muhlis, Selasa (08/06/2021).

Muhlis menyatakan, pihaknya meminta agar Pemprov Banten tidak berlama-lama menyimpan dananya di Kas Daerah (Kasda), sementara pengesahan APBD Provinsi Banten tahun 2021 sendiri sudah sedari jauh-jauh hari dilaksanakan pada akhir tahun 2020 kemarin.

“Akselerasinya dipercepat lah. Iya (Jangan tahunnya aja agar dipercepat. Namun, kenyataannya lambat),” jelasnya.

Disisi lain, tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) daerah Provinsi Banten tahun 2021 adalah untuk percepatan.

“Intinya itu. Jokowi aja marah-marah karena itu, penyerapan lambat,” tambahnya.

Hal itu menjaga daya beli masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan dan upaya-upaya pemulihan ekonomi lainnya di Banten.

“Apalagi target yang dicanangkan Pemprov waktu pembahasan RAPBD waktubitu asumsi makro LPE (laju pertumbuhan ekonomi) kita lima persen,” tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan menyebutkan, serapan anggaran APBD Provinsi Banten tahun 2021 baru sekitar 13,61 persen pada awal bulan Mei kemarin.

Dimana, belanja transfer menjadi pos anggaran yang paling banyak terserap dengan capaian sebesar 31,22 persen.

Meski begitu, belum diketahui berapa total serapan APBD Provinsi Banten tahun 2021 hingga bulan Juni ini. Kepala BPKAD Provinsi Banten, Rina Dewiyanti dihubungi melalui HP-nya belum diangkat. (Den/Red/Btp)

Leave a reply