CILEGON – (BTP) – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Panggung Rawi menggelar Upgrading dan Rapat Kerja yang bertempat di aula Kantor Kelurahan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Jumat (23/07/2021).

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Panggung Rawi Amirudin mengatakan, kegiatan Upgrading dan Rapat Kerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ini dilakukan dalam rangka memberikan pembekalan bagi pengurus dan anggota agar mereka paham pada Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) LPM dan persamaan visi misi bersama dalam membangun organisasi LPM.

“Kita sengaja untuk upgrade, kita datangkan langsung Kepala Dinas Sosial Kota Cilegon untuk memberikan arahan dan motivasi serta pemahaman tugas dan fungsi LPM bagi masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Amirudin mengaku, Upgrading dan Rapat Kerja LPM Kelurahan Panggung Rawi ini untuk merumuskan program kerja yang akan dilakukan selama satu tahun kedepan dengan menampung aspirasi-aspirasi dari masyarakat melalui RT dan RW yang akan ditampung dan dirumuskan untuk diajukan kepada Dinas terkait.

“Intinya upgrading dan Rapat Kerja ini juga untuk pengembangan UMKM dan pelatihan keterampilan seperti pelatihan las, AC, menjahit kita akan kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Dinas Tenaga Kerja. Selain itu juga diantaranya ada yang berkaitan dengan sosial dan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan fisik maupun non fisik kita kerjasama dengan Dinas Sosial dan Dinas PUTR. Program penghijauan dan petanian kita akan kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,” ungkapnya.

LPM Panggungrawi bersama Lurah setempat merupakan sebagai mitra yang akan selalu mendorong dan memperjuangkan kepentingan masyarakat dan selalu berkoordinasi dengan Bappeda Kota Cilegon.

“Alhamdulillah para pengurus dan anggota LMP Kelurahan Panggung Rawi semua semangat untuk mengembangkan organisasi,” terangnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Cilegon Ahmad Jubaedi yang hadir pada kegiatan Upgrading dan Raker LPM Panggung Rawi mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Pihaknya menyampaikan dengan memberikan pembekalan fungsi LPM untuk mendukung program Pemerintah dalam merencanakan partisipasi masyakarat.

“LPM disini harus bersinergi dan bermitra dengan Pemerintah khususnya di tingkat Kelurahan agar perencanaan pada perumusan suatu organisasi bisa memberdayakanu masyarakat, contohnya juga bisa diberdayakan pada Kelompok Masyarakat (Pokmas) pada Program DPW-Kel,” katanya

Sementara itu, Lurah Panggung Rawi Mulyadi mengaku kegiatan Upgrading dan Raker LPM ini dapat diimplementasikan dan semoga kedepannya selalu bersinergi dengan Pemerintah Kelurahan.

“Harus bisa implementasikan, dan juga bisa menampung aspirasi masyarakat dan bisa memberdayakan masyarakat secara bersama2 di wilayah Kelurahan Panggung Rawi,” (Red/Btp)