CILEGON – (BTP) – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 0623/Cilegon yang membuka Jalan tembus Langon 1 menuju Tembulun hingga Sumur Pring Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Kini menyasar bangunan Fisik milik warga sekitar seperti membangun Rutilahu yang sudah mencapai 50 % pembangunannya, MCK, Poskamling, bahkan rehab atap bangunan Masjid Al-Hizad yang berada di Link Sumur Pring, Kamis (23/09/2021).

Diketahui, Dalam TMMD Kali ini sedikit terkuak sejarah adanya Masjid Al-Hizad yang merupakan Masjid tertua yang berada dilink Sumur Pring tersebut.

Masjid Al Hizad tersebut menurut sumber yang didapat dari masyarakat sekitar dibangun sejak tahun 1969 dan selesai dibangun tahun 1971 namun belum pasti kebenarannya, dan baru rehab atap Masjid pada saat Pelasanaan TMMD ke 112 Kodim 0623/Cilegon di Mekarsari.

“Memang belum banyak orang yang tahu adanya sejarah bangunan masjid ini, namun menurut informasi sudah puluhan tahun berdirinya,” kata Kamidin selaku Ketua RT 02/04 Link Sumur Pring.

Sementara itu, Camat Pulomerak Muhammad Hatta merupakan asli kelahiran dari Link Tembulun Kelurahan Mekarsari mengaku, lahir tahun 1962, dan dirinya waktu masih kecil sering kesitu tahun 1963 sampai tahun 1970 sering ke Masjid itu untuk berjamaah, kemudian disebelahnya juga ada kaya makam keramat yang selalu buat ziarah orang sekitar warga tembulun. “Dari para kesepuhan, Masjid Al Hizad itu di bangun pada tahun 1930 an dan ada beberapa tokoh masyarakat sekitar seperti Kyai Umar, Kyai Sholeh, Kyai Hasyim, dan Kyai Jenggot yang membangun dan merawat Masjid tersebut. Ada beberapa kyai yang ngebangun Masjid tersebut informasi dari beberapa orang tua, nah sampai sekarang Masjid itu masih utuh, masyarakat disini ga boleh merubah keasliannya, kecuali kaya genteng, kayu yang kira-kira rapuh boleh diganti, kira-kira tidak merugikan masyarakat tetapi tembok nya itu masih asli ketebalan bata itu hampir bata 450 dan pasang bata orang dulu hanya adukan nya pakai tanah, batanya dari tanah adukan nya dari tanah, tapi alhamdulilah selama ini masjid tua itu masih kokoh,” paparnya. (Ria/Btp)