CILEGON – (BTP) – Masjid Tua Al Hijaj yang berada di Lingkungan Sumur Pring, Kelurahan Mekarsar, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, mulai dilakukan renovasi pada atap bangunan Masjid, Minggu (26/09/2021).

Diketahui, Masjid Al Hijaj bersejarah tersebut dibangun pada tahun 1930 an dan ada beberapa tokoh masyarakat sekitar seperti Kyai Umar, Kyai Sholeh, Kyai Hasyim, Dan Kyai Jenggot yang membangun dan merawat Masjid kala itu.

Bangunan atap Masjid Al Hijaj sudah mulai rapuh, ini masuk pada Program TMMD ke 112 Kodim 0623/Cilegon untuk direnovasi dengan menggunakan rangka baja ringan.

Satgas TMMD 112 Tahun 2021 Kodim 0623/Cilegon Kapten Cba M Khoerudin mengatakan, Masjid Al Hijaj sudah saatnya direnovasi yang semula menggunakan rangka usuk dari kayu, reng nya dari bambu dan genteng nya dari tanah liat yang dibakar, dan akan diganti dengan Atap baja ringan tanpa merubah bangunan yang lainnya.

“Kami melakukan revonasi pergantian pada bagian atap bangunan masjid Al Hijaj menggunakan rangka baja ringan dan genteng metal roop dan pemasangannya pun dibantu dengan warga semuanya penuh semangat,” katanya.

Menurutnya, dinding bangunan Masjid Al Hijaj sudah mulai di kerjakan dengan membersihkan dan merapikan bekas-bekas cat lama yang melupas dan juga menambah pelasteran yang berlubang, serta akan dilakukan pengecatan ulang dinding luar dalam Masjid Al Hijaj tersebut.

“Mudah-mudahan dengan direhabnya Masjid Al Hijaj yang bersejarah ini, nantinya akan semakin indah, banyak yang ingin melakukan ibadah sholat berjamaah pun akan terasa tenang, dan nyaman,” pungkasnya. (Ria/Btp)