Sabtu, 20 April 2024
EkonomiUtama

Pembangunan SPAM Tunjang KEK Tanjung Lesung

PANDEGLANG, – BTP – Proyek pembangunan instalasi pengolahan air bersih Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Panimbang yang dibangun untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan daerah penyangga, saat ini masih dalam pelaksanaan pembangunan.

Berdasarkan informasi yang di himpun LingkarBanten yang disampaikan Kepala Bagian hubungan pelanggan PDAM Tirta Berkah Pandeglang Hendi Kusmawan mengatakan, saat ini proses Pembangunan instalasi air bersih Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tanjung Lesung tersebut saat ini sedang berjalan.

Dalam pembangunan instalasi air bersih SPAM Tanjung Lesung tersebut, meliputi 12 Desa dan 4 kecamatan di Pandeglang. Mulai dari Sukaresmi, Angsana, Panimbang dan Kecamatan Sobang terus ke Tanjung Lesung, dengan target waktu pekerjaan selama satu setengah tahun.

“Untuk waktunya, sekitar 450 hari kalender atau 1,5 tahun, dan semoga berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan,” ucap Hendi kepada Media saat ditemui

Masih kata Hendi, dalam pembangunan ini untuk menunjang dan memberikan pasokan air bersih bagi puluhan ribu warga di daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Wisatawan dan juga warga setempat.

“Jika kita lihat yang dimana daerah tersebut jika di musim kemarau susah mencari air bersih dan semoga dengan adanya pembangunan SPAM ini masyarakat bisa menikmati adanya pasokan air bersih ini terutama di 4 kecamatan tersebut bisa dinikmati masyarakat setempat,” katanya.

Hendi mengatakan, dari pembangunan SPAM tersebut PDAM Tirta Berkah Pandeglang hanya mendapatkan keterlibatan pelimpahannya saja setelah pembangunan tersebut selesai.

“Untuk Aset nya dilimpahkan ke Pemrintah Desa (Pemda) terlebih dahulu, lalu dilimpahkan lagi untuk pengelolaanya ke PDAM dan pemeliharaannya,” katanya.

Ditempat yang sama Muksinin selaku Kepala Pelaksanaan PDAM Tirta Bekah Pandeglang menambahkan, bahwa dengan adanya pembangunan air bersih SPAM ini masyarakat bisa terbantu oleh adanya pembangunan ini.

“Dan Mudah-mudahan semoga pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan, sehingga dapat segera dimanfaatkan dan semoga cepat berfungsi dan juga semoga dapat mensejahterakan masyarakat hususnya dibidang pelayanan air bersih,” pungkasnya.

Dilain tempat Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pandeglang Ujang Sumawinata mengatakan, pihaknya akan siap jika dipercayakan dalam pengelolaan IPA SPAM Tanjung Lesung. Sebab kata Ujang, selain untuk pemenuhan KSPN, sudah banyak masyarakat yang menunggu di 12 Desa empat Kecamatan yang masuk Buferzone KEK.

“Kebutuhan masyarakat juga akan kita penuhi ada 6000 saluran rumah yang sudah menunggu, dan 1.900 jaringan ke Kecamatan Panimbang bisa diambil dari sini, nanti yang bekas panimbang kita alihkan ke Kecamatan Patia,” ungkap Ujang Sumawinata. (Red)