SERANG – (BTP) – Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Provinsi Banten yang sedianya dilaksanakan pada tahun 2022, dipercepat menjadi tahun ini. Percepatan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan persiapan verifikasi partai politik yang akan dilaksanakan tahun depan menjelang Pemilu 2024.

Pada awalnya, terdapat Dua Bakal Calon Atau Calon Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten periode 2021 – 2026, antara lain, Hj Iti Octavia Jayabaya, yang juga adalah Bupati Lebak, dan Yoyon Sujana, Ketua DPC Kabupaten Pandeglang yang juga adalah anggota DPRD Provinsi Banten.

Tetapi, pada saat pembukaan Musda yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Serang, Banten, pada tanggal 11 Oktober 2021 itu, terjadi sebuah kejutan. Sesaat sebelum Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan sambutannya, Yoyon Sujana menyampaikan pandangan dalam sambutan.

“Pada awalnya, saya memang berkeinginan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar kepada partai, dengan menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa saya pribadi telah Memimpin DPC selama tiga (3) periode berturut-turut. Tidak elok rasanya, apabila saya maju lagi sebagai Ketua DPC-PD Kab. Pandeglang, Apa kata orang? Saya tidak mau serakah, dan saya tidak mau dibilang serakah. Apalagi, semangat yang digaungkan oleh organisasi adalah regenerasi dan kesinambungan,” kata Yoyon Sujana dalam sambutannya, Senin (11/10/2021).

Karena itu, dirinya bekerja menggalang dukungan untuk maju sebagai bakal calon dan Atau Calon Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten. Alhamdulillah, saya telah mendapatkan dukungan, Mandat/Rekomendasi dari Lima (5) DPC antara lain KETUA DPC Kab.Pandeglang, KETUA DPC Kota Serang, KETUA DPC Kabpaten Tangerang, KETUA DPC Kota Cilegon, KETUA DPC Kota Tangsel yang Telah Meninggal Beberapa Minggu Yg Lalu, untuk maju sebagai Calon Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten periode 2021-2026.

“Namun demikian, saya membaca inspirasi yang diberikan oleh Bapak Agus Harimurti Yudhoyono (Ketua Umum Partai Demokrat) yang kita banggakan, adalah semangat soliditas, persatuan, sinergitas, dan kebersamaan. Motto beliau yang sangat terkenal adalah Bersama Kita Kuat, Bersatu Kita Bangkit. Atas inspirasi itu, saya mengajak urug rembug dengan para pengusung saya. Kami berpikir, jika saya dan juga para kader lainnya diakomodir untuk menjadi pengurus DPD Provinsi oleh ketua terpilih, maka kenapa harus ada voting. Kenapa kita tidak kembali ke jati diri demokrasi khas Indonesia, yakni musyawarah untuk mufakat,” lanjutnya

Berdasarkan pemikiran itu, kami duduk bersama dengan Ibu Hj Iti Octavia Jayabaya. Kami katakan bahwa adalah hal yang wajar apabila dalam berorganisasi, selalu ada perbedaan pendapat. Itulah seninya berdemokrasi. Juga manusiawi, apabila dalam berorganisasi, selalu ada kelebihan dan kekurangan. Tugas kita sebagai manusia adalah saling melengkapi kekurangan satu sama lain.

“Alhamdulillah, Ibu Hj Iti berkenan menerima kami untuk membantu beliau, dalam kepengurusan mendatang, Apabila Bpk Ketua Umum berkenan untuk menetapkan beliau sebagai Ketua DPD kembali,” ujar yoyon sujana kepada wartawan.

Yoyon Sujana menuturkan, meski kami juga mengapresiasi iklim demokrasi, yang ditumbuhkan oleh Ibu Hj Iti, dengan memberikan kesempatan kepada kami untuk maju sebagai Calon ketua DPD, tetapi kami memutuskan : atas dasar pertimbangan soliditas dan persatuan kader Partai Demokrat se-Provinsi Banten, dengan ini saya Yoyon Sujana, Ketua DPC Kab.Pandeglang, menyatakan Bergabung Dan Menyetujui Ibu Hj Iti utk Melanjutkan Sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten Masa bakti 2021-2026.

“Saya mewakili seluruh peserta musyawarah daerah Partai Demokrat Provinsi Banten 2021, kami meminta kepada pimpinan sidang untuk menetapkan dan mengesahkan secara aklamasi Ibu Iti Octavia Jayabaya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten terpilih, masa bakti 2021-2026,” tuturnya

Pandangan umum itu sontak mendapatkan apresiasi dari Ketum Partai Demokrat dan seluruh peserta Musda Partai Demokrat Provinsi Banten tahun 2021. Belum pernah ada dalam sejarah Musda Banten, terjadi kesepakatan yang bijak antara Calon Ketua DPD Dalam Proses pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Berjalan Dan Dilaksanakan secara aklamasi.

“Keputusan yang saya ambil ini, murni didasari dengan niat dan itikad baik, Saya dan Bu Iti siap bersatu, bukan saja untuk melawan siapapun orangnya, yang mencoba-coba untuk membegal Partai Demokrat, kami juga siap memenangkan AHY dan Demokrat pada Pemilu 2024 mendatang. Itulah misi besar kami untuk memberikan kontribusi terbaik pada rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Banten. Semoga Allah SWT meridhoi dan mengabulkan niat baik kami ini,” pungkasnya. (Ria/Btp)

Tinggalkan Balasan