SERANG – (BTP) – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyerahkan piala dan penghargaan kepada desa dan kelurahan juara Lomba Desa dan Kelurahan Inovatif Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten 2021 di aula kantor dinas tersebut di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Kamis (14/10). Selain itu Andika juga menyerahkan piala dan penghargaan kepada  individu pemenang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Banten Tahun 2021, untuk kategori mahasiswa dan pelajar.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Banten, saya selaku Wakil Gubernur mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Banten dan perwakilan Kabuapten/Kota se-Provinsi Banten atas terselenggarakannya acara ini,” kata Andika dalam sambutannya.

Andika berharap momentum tersebut menjadi era baru dimulainya perencanaan pembangunan di Provinsi Banten berdasarkan teknologi tepat guna.

Menurut Andika, Pemerintah Provinsi Banten sangat berkomitmen dalam memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat Banten. Pembangunan kesejahteraan dimaksudkan untuk  mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Banten.

Andika berharap melalui lomba-lomba inovasi seperti itu dapat lahir individu, komunitas, dan instansi yang kreatif dalam memanfaatkan potensi di lingkungan sekitar, serta dalam mencari setiap permasalahan yang terjadi di lingkungannya.

“Tidak lupa saya, mewakili Pemprov Banten mengucapkan selamat kepada para pemenang. Terus berkarya dan tetap semangat kepada yang belum bisa meraih prestasi di ajang ini,” katanya.

Sementara itu Kepala DPMD Banten Enong Suhaeti mengatakan, Lomba Desa dan Kelurahan serta Lomba Karya Inovasi TTG adalah kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan secara berjenjang dari mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional. Agenda rutin ini, kata Enong, diselenggarakan oleh dua kementerian yaitu Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

“Provinsi Banten alhamdulillah selalu ikut berperan mengirimkan wakil terbaiknya untuk lomba desa/kelurahan dan lomba karya inovasi TTG ini,” katanya.

Untuk diketahui, lomba tingkat Provinsi Banten kali ini terpilih juara-juaranya masing-masing pada Lomba Desa/Kelurahan adalah Desa Gembong (Kabupaten Tangerang) dan Kelurahan Bendungan (Kota Cilegon). Berikutnya, pada Lomba Karya Inovasi TTG kategori mahasiswa/umum berturut-turut Tarjana dari Kota Tangerang Selatan, Sa’adudin dari Kabupaten Tangerang dan Mohamad Reynaldy Hilyawan dari Kota Cilegon.

Adapun pada kategori pelajarnya, berturut-turut Cahaya Setyo Ningrum dari MAN 2 Kota Cilegon, Wijaya Kusuma dari SMKN 1 Ciruas (Kabupaten Serang) dan Prastowo Harso Utomo dari SMA Adria Pratama Mulya (Kabupaten Tangerang). (Ria/Btp)