CILEGON – (BTP) – Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Sosial Kota Cilegon, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) guna meningkatkan kapasitas Pengurus Karang Taruna. Dalam kegiatan ini dihadiri 60 Pengurus Karang Taruna yang ada di Kota Cilegon, Kadis Dinsos Kota Cilegon, Ketua DPRD Cilegon Isro Mi’raj. Acara bertempat di hotel Jayakarta Anyer, Kabupaten Serang,  Sabtu (23/10/2021).

Ketua Karang Taruna Kota Cilegon Mahdi, kepada awak media mengatakan, tujuan dibentuknya Karang Taruna Kota Cilegon ini adalah untuk bersama-sama Pemerintah guna mengatasi atau penanggulangan masalah sosial yang ada di masyarakat.

“Selama ini Karang Taruna Kota Cilegon banyak mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) tentang diantaranya tentang kewirausahaan. Hanya berbentuk teori kepada kalangan pemuda dan masyarakat. Selain itu juga pemberdayaan mengenai budi daya ternak lele, perkebunan hidropnik dan tanaman obat keluarga (Toga). Namun saat ini masih belum berjalan lantaran terkendala dengan permodalan,” katanya.

Lebih lanjut Mahdi menyatakan, apabila Pemerintahan Kota Cilegon akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 juta untuk pemberdayaan Karang Taruna, maka sangat setuju sekali.

Menurut Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj, terkait fungsi Karang Taruna Kota Cilegon. Karang Taruna berfungsi untuk mengatasi penanggulangan masalah sosial di masyarakat Kota Cilegon dan sebagai mitra kerja pemerintah.

“Karena itu, kami akan mengusulkan dan menganggarkan alokasi dana untuk  pemberdayaan senilai Rp 25 juta guna budi daya ternak lele dan perkebunan hidropnik,” ujarnya.

Isro menambahkan, apabila ada anggaran bisa di alokasikan atau ada aturannya untuk pemberdayaan ekonomi dan sosial untuk kegiatan Karang Taruna. Insya Allah, kami realisasikan pada anggaran tahun 2022 yang akan datang,” tambahnya.

“Kami mengharapkan program Karang Taruna Kota Cilegon harus dapat dirasakan oleh masyarakat. Baik itu tentang sosial dan pemberdayaan yang terkait pelatihan-pelatihan peningkatan SDM dan pemberdayaan masyarakat,” harapnya. (Ria/Red/Btp)