Jumat, 29 Maret 2024
Regional

Danrem 064/MY Hadiri Rakor Pencegahan Vaksinasi Jelang Natal dan Tahun Baru

SERANG – (BTP) – Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membahas tentang percepatan program vaksinasi jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 bertempat di Rupatama Polda Banten, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolda Banten BJP Ery Nursatari, Asisten Daerah (Asda) I Propinsi Banten Septo Kalnadi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Hj. Ati Pramudji Hastuti, Kepala BPBD Banten Nana Suryana, para Dandim jajaran Korem 064/MY, para Kapolres jajaran Polda Banten dan para Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di wilayah hukum Polda Banten.

Pada kesempatan ini, Danrem 064/MY menyampaikan rapat koordinasi ini digagas oleh Polda Banten untuk percepatan vaksinasi, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, juga menindaklanjuti penyampaian Menko Marives dalam evaluasi terakhir yang memotivasi 3 kabupaten di Banten untuk meningkatkan jumlah vaksinasinya.

“Bahwa rendahnya vaksinasi di beberapa Kabupaten di Banten juga menjadi concern Presiden Jokowi ketika berkunjung ke wilayah Banten beberapa waktu lalu,” tegas Brigjen TNI Yunianto

Korem 064/MY pun telah memberdayakan ratusan vaksinator dari luar wilayah, 40 orang di Kodim Pandeglang, 45 orang di Kodim Serang, 45 orang di Kodim Lebak, ini khusus untuk mempercepat vaksinasi.

“Vaksinasi siang dan malam dapat dilakukan sehingga pada Desember nanti sudah 80% warga tervaksin apalagi ada stimulus paket sembako,” harapnya.

Sementara itu, Wakapolda Banten BJP Ery Nursatari Percepatan vaksinasi membutuhkan kerjasama dan koordinasi yang sinergis antar Instansi, baik Pemerintah Propinsi, Polda Banten dan Korem 064/MY hingga ke tingkat Pemkab/Pemkot serta jajaran Polres dan Kodim.

“Kita jangan terlena, peningkatan jumlah Covid-19 mulai terjadi di Eropa dan negara tetangga, lebih baik kita pertaruhkan kinerja kita untuk secara maksimal menanganani Covid-19 menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 ini, sehingga serangan Covid-19 gelombang berikutnya tidak terjadi lagi di wilayah kita,” kata Wakapolda Banten

Selanjutnya Asda I Propinsi Banten Septo Kalnadi mengingatkan jajaran dinas kesehatan baik di Propinsi Banten dan Kabupaten Kota lainnya di Banten tentang program pemerintah pusat untuk meningkatkan status PPKM di level 3 secara nasional pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

“Agar jajaran Dinas Kesehatan mempersiapkan kembali tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, obat-obatan dan hal lain yang diperlukan, sehingga kita siap menjalani kondisi pada Natal dan Tahun Baru 2022. Selain itu jajaran Dinas Kesehatan juga harus mendukung upaya percepatan vaksinasi yang telah disampaikan dalam Rakor ini,” kata Septo.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Hj. Ati Pramudji Hastuti menyampaikan perlunya mobilisasi warga untuk divaksin. Upaya yang telah dilakukan pemerintah saat Pilkades lalu masih belum memuaskan karena capaian vaksinasi masih sangat rendah saat ini.

“Camat, Lurah dan perangkat Desa perlu dioptimalksan dalam menghimpun dan memobilisasi massa, sehingga capaian vaksinasi setiap hari dapat meningkat,” pungkasnya. (Ria/Btp)