CILEGON – (BTP) – Puluhan pemuda yang berada di RT 12 RW 06 Lingkungan Melati BBS 2 Kavling Blok I, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon melakukan kegiatan pemanfaatan penghijauan dengan memanfaatkan sarana Fasilitas Umum (Fasum) yang merupakan milik warga setempat, Rabu (24/11/2021).

Salah seorang pemuda Afdhol Rifqi mengatakan, kegiatan pemanfaatan penghijauan seperti pertanian dan perkebunan ini dilakukan untuk meningkatkan aktifitas para pemuda di Lingkungan Melati BBS 2 Kavling Blok I, seperti bercocok tanam dengan menanam tanaman hias, singkong, pisang dan lainnya.

“Kami sengaja melakukan kegiatan penghijauan ini karena di Lingkungan Melati BBS 2 Kavling Blok I ada satu blok tanah kosong yang merupakan fasilitas umum (Fasum) untuk memanfaatkan kegiatan bercocok tanam agar yang sebelumnya lahan tidur menjadi lahan produktif dengan ditanami aneka tanaman diatas lahan sekitar 150 meter persegi, dan ini juga kami sudah meminta izin kepada pemiliknya untuk bisa dimanfaatkan oleh para pemuda dan warga dengan melakukan kegiatan bercocok tanam,” katanya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa kiki ini mengaku, selain bercocok tanam ini, para pemuda juga berencana akan melanjutkan dengan menaman tanaman hidroponik dan juga sayuran, yang hasilnya juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar Lingkungan Melati BBS 2 Kavling Blok I.

“Ini juga sebagai inisiasi para pemuda dalam mendukung program Pemerintah Kota Cilegon memanfaatkan lahan tidur sebagai lahan produktif untuk bercocok tanam. Tak hanya itu juga, para pemuda disini tampak antusias melakukan pembersihan drainase atau gorong-gorong untuk mengantisipasi banjir mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Bendungan Maman Herman mengapresiasi langkah para pemuda di Lingkungan Melati BBS 2 Kavling Blok I yang bisa memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif yang dapat digunakan bercocok tanam.

“Saya apresiasi langkah para pemuda disini, semoga inisiatif kegiatan para pemuda dan warga ini bisa dijadikan contoh oleh para pemuda atau masyarakat di Lingkungan lain, khususnya yang berada di Kelurahan Bendungan ini,” pungkasnya. (Red/Btp)

Tinggalkan Balasan