CILEGON – (BTP) – Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Cilegon menyalurkan ratusan pohon untuk di tanam di sekitar wilayah Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon. Selain menyalurkan ratusan pohon, pihak Kelurahan Bendungan juga meresmikan gedung posyandu, Jumat (26/11/2021).

Ketua DPK KNPI Cilegon Arfan mengungkapkan, penyaluran ratusan pohon ini bertujuan untuk ditanami disekitar area wilayah Kelurahan Bagendung dengan berbagai macam jenis pohon diantaranya pohon tangkil, pohon sukun, pohon mangga dan pohon mahoni dengan jumlah tanaman sekitar 120 pohon.

“Kita harus mengetahui pentingnya menanam pohon karena memiliki sejumlah manfaat yakni untuk merehabilitasi hutan dan lahan yang terdegradasi/kritis, sebagai wadah konservasi keanekaragaman hayati baik flora dan fauna termasuk ketahanan pangan, menyerap karbon dioksida (CO2) dalam rangka mitigasi perubahan iklim global, serta dalam waktu jangka panjang berkontribusi terhadap penyediaan sandang pangan, energi dan ketersediaan air tanah bagi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Arfan melanjutkan, di Kelurahan Bagendung ini banyak pertambangan, pembangunan perumahan dan lainnya. Sehingga Ruang Terbuka Hijau tidak maksimal.

“Maka dengan ini kami KNPI Kecamatan Cilegon mengajak seluruh eleman pemuda dan masyarakat untuk menjaga sistem penyangga kehidupan, karena pohon telah memberikan manfaat yang besar bagi umat manusia,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Bagendung Safiudin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada DPK KNPI Cilegon yang telah memberikan sumbahsih berupa tanaman untuk ditanam di sekitar wilayah Kelurahan Bagendung.

“Saya apresiasi kepada teman-teman dari DPK KNPi Cilegon yang telah memberikan tanaman. Dan secara kebetulan juga pada kegiatan hari ini dilakukan Peresmian Posyandu di Tahun 2021 tertera dengan anggaran 130 juta rupiah, ini merupakan termin ke 3 pekerjaan Pokmas atau Dpwkel termin ke-3 ini adalah pekerjaannya. Saya terharu bisa terbangun, apalagi tanah ini hasil hibah wakaf dari warga yang kebetulan anggota kader posyandu dan ini ke depan kita memang membutuhkan warga-warga yang peduli terhadap lingkungan,” pungkasnya. (Ria/Btp)