LEBAK – (BTP) – Pada saat ini intensitas curah hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak cukup tinggi yang dapat menyebabkan meluapnya air, seperti yang terjadi di bantaran Sungai Cilangkahan Desa Cilangkahan Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Untuk itu, Polsek Malingping Polres Malingping melakukan Kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya potensi banjir.

Adapun bentuk kesiapsiagaan tersebut ditunjukkan dengan menggelar Patroli Pengecekan Debit Air Sungai Cilangkahan yang dilakukan personel Polsek Malingping, Sabtu (27/11/2021).

Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra,S.I.K.,M.I.K melalui Kapolsek Malingping Kompol Eko Widodo,S.E.,M.H menjelaskan, pemantauan debit air dilakukan guna mengetahui kondisi maupun potensi akan terjadinya bencana banjir di beberapa kawasan Kecamatan Malingping terutama pada daerah yang berdataran rendah.

“Hingga saat ini ketinggian debit air Sungai Cilangkahan terpantau telah meningkat dari kondisi normalnya, yang diakibatkan oleh intensitas hujan beberapa hari belakangan ini di kecamatan Malingping” terangnya.

Selain melakukan pemantauan sungai dirinya memerintahkan personel menyampaikan imbauan dan pesan keselamatan kepada masyarakat yang bermukim maupun beraktivitas di dekat bantaran sungai.

“Jaga keselamatan dan keamanan diri maupun keluarga masing-masing, karena saat ini ketinggian debit air Sungai Cilangkahan sedang meningkat, apabila terjadi suatu kerawanan agar segera melaporkannya pada pelayanan kepolisian,” imbaunya. (Ria/Btp)