CILEGON – (BTP) – Pohon bisa hidup tanpa bantuan manusia karena bisa mengolah makanannya sendiri sedangkan manusia tidak bisa hidup tanpa pohon. Oleh sebab itulah tindakan penghijauan ini sangat penting bagi manusia.

Hal itu dilakukan oleh Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pulomerak dengan melakukan aksi penanaman ratusan di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Minggu (28/11/2021).

Ketua Penyelenggara Kegiatan penanaman 1000 pohon diwilayah merak Lili S menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan dimana wilayah merak kususnya tempat ruang hijau sangat terbatas dan sempit sementara industri diwilayah merak sangat aktif terkait polusi udara ruang lingkup penghijauannya tak ada.

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan dengan melakukan penanaman ratusan pohon,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bidang keorganisasian DPK KNPI Pulomerak Mufrodi, Aksi tanam seratus pohon tersebut untuk membuat wilayah merak semakin hijau, maka penanaman seratus pohon tersebut akan dilakukan untuk mencegah polusi di wilayah merak yang semakin tua dan semakin meningkatnya polusi udara maka penghijauan merak tersebut harus selalu dilakukan.

“Banyak sekali manfaat yang akan bisa manusia dapatkan dari penanaman seribu pohon ini misalnya saja adalah menjaga struktur tanah agar tidak terkena erosi terutama saat hujan datang, menghindari bencana alam terutama tanah longsor, menjaga udara tetap bersih sebab semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak oksigen yang akan dihasilkan, menjaga kelestarian fauna yang ada di Indonesia dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Memang manfaatnya tidak bisa dirasakan langsung, namun beberapa tahun ke depan ketika pohon tersebut sudah tumbuh dengan besar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPK KNPI Kecamatan Merak Bahrudin mengatakan, bahwa pengaruh untuk Lingkungan Hidup selain manfaat, penanaman seribu pohon ini memiliki pengaruh terhadap bumi yang mana berhubungan langsung dengan manusia yang tinggal di dalamnya. Ketika banyak pohon ditanam, pengaruh nyatanya adalah menghindari efek dari global warming. Jangan menganggap sepele pemanasan global ini sebab jika bumi semakin panas maka es di kutub utara maupun selatan akan meleleh sehingga volume air di laut  semakin meningkat.

Bahrudin dengan menanam pohon bisa membuat gas karbondioksida tidak mencapai atmosfer bumi. Jika sampai ke atmosfer bumi bisa membuat panas terperangkap di atmosfer dan membuat suhu di permukaan bumi menjadi meningkat.

“Aksi tanam seribu pohon akan terus diagendakan untuk kedepannya memang sebaiknya terus dicanangkan dan digalakkan, agar wilayah merak bisa kembali hijau dan manfaatnya bisa dirasakan oleh warga merak di masa depan,” pungkasnya. (Ria/Btp)