CILEGON – (BTP) – Jogging atau lari santai merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan dan murah. Olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Lari santai merupakan satu di antara cara yang baik untuk membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Lari santai di pagi hari, juga menjadi rutinitas para petugas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap bersemangat dan waspada dalam menjalankan tugas menjaga warga binaan di Lapas.

“Kami harus tetap bugar. Sebab, kesadaran untuk tetap hidup sehat menjadi salah satu tolok ukur untuk siap menjalankan tugas di Lapas Cilegon,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon Sudirman Jaya, umat (03/06/2022).

Tak hanya menjaga kebugaran, kesadaran para petugas dalam menjaga protokol kesehatan juga tetap diutamakan.

“Meski Pandemi Covid-19 semakin terkendali, bukan berarti kebiasaan hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan tidak menjadi tanggung jawab setiap individu,” ucap Sudirman.

Menurutnya, budaya hidup sehat juga tak hanya berlaku untuk para petugas. Diberbagai kesempatan dirinya juga terus mengingatkan Warga Binaan Pemasyarakatan yang menjadi penghuni di Lapas Cilegon, untuk memikul tanggung jawab menjaga kesehatan pribadi dan lingkungannya.

Targetnya, WBP benar-benar teredukasi, memahami, dan bisa mengambil keputusan jika terjadi gangguan kesehatan.  (Ria/Btp)