SERANG – (BTP) – Sebuah kapal nelayan bernama KM Namira 01 yang sedang mencari ikan di tengah lautan sekitar pulau sangiang, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang mengalami kebakaran sekitar pukul 17:15 WIB, Senin (26/09/2022).

Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Pencarian dan Pertolongan Badan Sar Nasional Kelas B Banten Heru Amir Abyan mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari kapal MT. Debbie dengan call sign (VRFC7) yang diduga terjadi ledakan pada bagian mesin kapal hingga mengalami kebakaran.

“Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kelas B Banten mendapat laporan dari Pak Fajar (VTS Merak) bahwa telah terjadi kecelakaan kapal nelayan hingga terbakar di Perairan Anyer sekitar pulau sangiang,” katanya.

Kapal KM Namira 01 Mengalami Kebakaran, (Foto.Ist)

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Kantor SAR Banten memberangkatkan Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten bergerak menuju lokasi pencarian pada pukul 17:38 WIB Rib 02 dan pada pukul 17:40 WIB Rib 10,5 mtr untuk melakukan evakuasi yang diperkirakan terdapat 8 orang korban.

“Di sekitaran Perairan Anyer pada titik koordinat 06° 02′ 30″ S- 105° 53′ 140″  di sekitaran Perairan Anyer pada hari senin 26/09/22 KM Namira 01 berangkat dari hotel Mambruk pada pukul. 14:00 WIB menuju Perairan Pulau Sangiang untuk Seatrial, setelah melakukan Seatrail pada pukul 16:00 WIB, KM Namira bertolak kembali ke Anyer, akan tetapi dalam perjalanan terdengar suara ledakan dari kamar mesin sebanyak 1 kali dan mengakibatkan kapal terbakar,” sambung Heru.

Heru menjelaskan, saat kejadian terbakarnya kapal KM Namira 01 terdapat 8 orang penumpang masing-masing bernama H. Fauzi  Pemilik kapal, Subani Nahkoda, Hakim, Halil, Rahmat, Erik, Rudi, Hendrik.

“Pada pukul 19:00 WIB, korban sejumlah 8 orang selamat dan berhasil dievakuasi oleh nelayan setempat menuju dermaga Hotel Mambruk yang selanjutnya korban dibawa ke puskesmas Anyer untuk menjalani perawatan,” jelasnya. (Red/Btp)