Sabtu, 4 Februari 2023
Pendidikan

Marak Anarkisme dan Penyalahgunaan Narkoba, Pemkot Serang Gelar Apel Pembinaan Siswa

SERANG – (BTP) – Wali Kota Serang Syafrudin berkesempatan hadir sekaligus menjadi Pembina dalam Apel atau Upacara yang dirangkaikan dengan Pembinaan terkait Anarkisme dan Penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Pelajar sekaligus pemberian KTP Pemula kepada Siswa yang umurnya beranjak 17 tahun, di Lapangan Utama SMAN 5 Kita Serang, Senin (07/11/2022).

Kegiatan Upacara atau Apel Pembinaan tersebut dilakukan sebagai bentuk pembinaan kepada siswa terkait Anarkisme yang marak di kalangan Pelajar.

Dalam kesempatannya, Wali Kota Serang Syafrudin menyampaikan bahwa Apel atau Upacara Pembinaan ini dilakukan sebagai bentuk pembinaan kepada seluruh siswa yang ada di Kota Serang terkait maraknya anarkisme, Penyalahgunaan Narkoba dan Geng Motor di kalangan Pelajar.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Serang hadir untuk pembinaan kepada anak-anak sekolah dari kelas 1 sampai kelas 3, terkait maraknya anarkisme sehingga para pelajar tetap dihimbau fokus belajar dan meraih cita-cita,” katanya.

“Sekaligus yang kelas tiga sudah dibuatkan ktp secara keseluruhan dan insyaallah selesai,” lanjutnya.

Syafrudin menambahkan, bahwa kegiatan Upacara atau Apel Pembinaan ini menjadi kegiatan pembinaan secara berkelanjutan, guna menghindari bertambahnya anarkisme dikalangan pelajar.

“Sudah 2 SLTA dan ini akan terus berlanjut sampai tuntas, karena ini bukan merupakan tanggung jawab sekolah saja akan tetapi merupakan tanggung jawab semua, baik Pemerintah, TNI, Polri dan Masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, terkait dengan pemberian KTP Pemula bagi Siswa akhir, Syafrudin menuturkan diwaktu kedepan Pemerintah akan terus berlanjut kepada Sekolah-sekolah lain baik Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Serang.

“Insyaallah di 2023 akan berlanjut ke sekolah lain sampai selesai baik negeri maupun swasta,” tuturnya.

Senada dengan hal yang disampaikan oleh Walikota Serang terkait pemberian KTP, Kepala Disdukcapil Kota Serang Dulbarid menyampaikan, kegiatan ini merupakan sebuah Inovasi yang diterapkan oleh Disdukcapil melalui Program Jebol (Jemput Bola) yang titik sasarannya kepada Siswa SMA yang sudah beranjak berusia 17 Tahun.

“Kalo di SMAN 5 ini KTP Pemula ada sebanyak 134 Siswa yang sudah beres semua hanya nanti tinggal yang tahun depan, tapi kalo yang untuk yang mau menginjak ke 17 tahun itu masih banyak,” katanya.

Dulbarid menambahkan, bahwa seluruh Sekolah yang ada di Kota Serang, sampai saat ini belum secara keseluruhan dapat dijangkau oleh Disdukcapil, hanya baru beberapa yang selesai dan sisanya masih dalam proses.

“Se serang belum direkap karna belum semua seperti SMA di Walantaka belum kemudian SMA Curug belum kalau untuk itu belum terlihat karna kita masih manuver,” tambahnya.

“Untuk saat ini masih dalam proses, kita mendatangi ke setiap sekolah-sekolah yang ada di Walantaka, Taktakan, kita targetnya yang jauh terlebih dahulu,” lanjutnya.

Ia juga menyampaikan bahwa di akhir bulan November ini Disdukcapil akan bergerak kedaerah Walantaka dan sekitarnya.

“Kalau ke walantaka insyaallah di akhir mov karna kami masih banyak program seperti ke lapas sehingga kami mengatur waktu dalam kegiatan yang ada di Dukcapil,” pungkasnya. (Ria/Btp)