Sabtu, 4 Februari 2023
Uncategorized

Danrem 064/MY Jajaki Kerjasama BIOS 44 dan Habibi Garden Melalui Teknologi Digital

SERANG – (BTP) – nrem 064/MY melakukan penjajakan kerjasama BIOS 44 dengan Habibi Garden (PT. Habibi Digital Nusantara). Hal itu terungkap ketika Danrem 064/MY, Brigjen TNI Tatang Subarna, melakukan zoom meeting bersama Habibi Garden dan jajaran Korem 064/MY, Selasa (29/11/2022 )

Habibi Garden adalah sebuah perusahaan teknologi presisi berbasis loT yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan tanaman. Dengan memanfaatkan layanan loT dan sensor realtime dikumpulkan dalam bentuk informasi dan data yang ditampilkan dalam aplikasi smartphone.

Sementara itu, Habibi Garden mempunyai visi “Membangun Peradaban Indonesia Melalui Teknologi loT Industri Pertanian 4.0”. Sedangkan misinya yakni menciptakan 1.000 Desa dlgital pertanian Indonesia, meningkatkan minat generasi milenialis untuk kembali lagi ke dunia pertanian serta memudahkan dan mengefesiensikan kegiatan budi daya pertanian melalui teknologi loT melalui sensor dan aplikasi.

Danrem 064/MY, Brigjen TNI Tatang Subarna mengungkapkan, BIOS 44 merupakan agen hayati dari gabungan simbiosis mutualisne antar mikro organisme berfungsi untuk mempercepat pembusukan material organik lahan gambut, melembabkan, menutup rongga gambut dengan hifa atau sejenis lendir.

“BIOS 44 memproduksi endospore lyang tahan terhadap faktor lingkungan seperti panas, asam dan garam. Dapat berada di dalam lingkungan ekstrim dalam jangka waktu yang lama. Endospore zat yang dibentuk pada saat mikro organisme stress terhadap asupan makanan, memungkinkan organisme BIOS 44 untuk terus berada di dalam lingkungan sampai kondisi menjadi baik. Dan inila bkelebihan BIOS 44 yang tidak dimiliki oleh banyak formulasi mikro organisme pada umumnya,” katanya.

Menurut Danrem, BIOS 44 itu bisa di integrasikan dan berkolaborasi dengan Habibi Garden dalam rangka pengelolaan pertanian melalui teknologi digital. Sehingga diharapkan dapat membangun peradaban industri pertanian 4.0.

Ia menambahkan, esensy BIOS 44 dan Habibi Garden apabila di integrasikan, maka akan dapat meningkakan ketahanan pangan di masyarakat. (Ria/Btp)