Selasa, 28 November 2023
Utama

Pesan Pj Gubernur Banten Al Muktabar Kepada Generasi Milenial Songsong Indonesia Emas 2045

SERANG – (BTP) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar berpesan kepada para generasi milenial di Provinsi Banten agar memperkuat nilai-nilai dasar Pancasila. Dengan begitu maka nilai-nilai nasionalisme dan cinta tanah air akan semakin tertanam dan kuat di sanubari.

Hal itu dikatakan Al Muktabar usai menghadiri Pelepasan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Pancasila, Di Aula Hotel Max One, Anyer, Kabupaten Serang, Kamis (22/06/2023).

Di depan para mahasiswa Universitas Pancasila Al Muktabar berpesan akan pentingnya penguasaan bahasa, setidaknya dua bahasa asing. Itu penting sekali karena di era kemajuan teknologi ini, sistem ekonomi sudah tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

“Kita harus mempunyai pandangan yang mendunia. Kita boleh berada di Desa, tapi pengetahuan dan akses jaringan kita sudah mendunia,” kata Al Muktabar.

Dikatakan Al Muktabar, penguatan nilai-nilai Pancasila itu bisa dimulai dari tingkatan Desa. Kemudian secara berjenjang meningkat di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota sampai pada akhirnya menyeluruh di seluruh Indonesia.

“Menanamkan nilai-nilai pendidikan Pancasila itu harus dari bawah,” ujarnya.

Al Muktabar meyakini nilai dasar Pancasila tidak akan lekang oleh waktu, dan tetap akan menjadi asas pemersatu bangsa Indonesia dengan sejuta perbedaan yang ada. Relevan pada berbagai keadaan.

Ketua Pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Pancasila Susilo mengatakan, pengabdian tersebut merupakan bagian integral dari tri darma Perguruan Tinggi.

Pihaknya mengaku sudah berkomitmen dari awal untuk terus melakuakn pengabdian kepada masyarakat yang mengutamakan kualitas, sistematis dan kolabotarif demi tercapainya masyarakat yang cerdas hukum.

“Kecerdasan hukum itu merupakan salah satu parameter majunya peradaban suatu bangsa yang tidak boleh luput dari misi insan intelektual,” katanya.

“Kendatipun memang tatanan ekonomi dan TI juga sangat penting bagi kita untuk menguasainya,” ucapnya. (Ria/Btp)