Rabu, 27 September 2023
Uncategorized

Plh Sekda Provinsi Banten Virgojanti: Pencapaian Indonesia Emas 2045 Perlu Dukungan SDM Unggul

PANDEGLANG – (BTP) – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti mengungkapkan pencapaian Indonesia Emas 2045 pada 100 tahun Indonesia Merdeka, perlu dukungan sumber daya manusia unggul. Diklat Kepemimpinan untuk melahirkan aparatur unggul dalam pencapaian Indonesia Emas 2045.

Hal itu diungkap Virgojanti pada Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan V dan VI serta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XI Dan XII Tahun 2023 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten Jl Lintas Timur AMD, Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Kamis (20/07/2023).

“Dari diklat ini kita akan meningkatkan kompetensi aparatur kita dalam rangka mengimplementasikan reformasi birokrasi tematik berdampak,” ungkapnya.

“Reformasi birokrasi membutuhkan aparatur yang handal. Dalam grand desain reformasi birokrasi yang menjadi amanat Presiden Joko Widodo ada beberapa tema. Yakni: digitalisasi, pemerintahan, pemberantasan kemiskinan, investasi, kesehatan terutama stunting,” tambahnya.

Diharapkan, lanjut Virgojanti, pelatihan ini diikuti dengan baik oleh para peserta. Keberhasilannya pelatihan akan diukur dengan bagaimana proses reformasi birokrasi bisa dilaksanakan.

“Bukan dari banyaknya peserta, akan tetapi bagaimana seluruh agenda yang diamanatkan dilaksanakan oleh seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten,” ungkapnya.

“Para peserta berasal dari beberapa OPD, sesuai tematik juga. Intinya berbagai komponen. Karena reformasi birokrasi tidak bisa hanya dilaksanakan oleh Pemprov Banten tapi harus berkolaborasi dengan seluruh elemen yang ada di Kabupaten/Kota,” Tambah Virgojanti.

Dirinya juga mengaku optimes, melalui diklat ini, para peserta mampu mendukung pencapaian Indonesia Emas 2045.

“Karena itu sudah menjadi komitmen atau cita-cita bersama yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang National. Untuk mengimplementasikan perlu bukan hanya di tataran Pemerintah Pusat saja tapi juga oleh Pemerintah Provinsi dan juga Pemerintah Kabupaten/ Kota,” papar Virgojanti.

“Kalau semua sudah ter-cascade secara massif, Insya Allah apa yang menjadi harapan semua Indonesia Emas 2045 dengan didukung Sumber Daya Manusia yang unggul, di 2045 bisa kita capai,” tegasnya optimis

Dalam laporannya, Kepala BPSDMD Provinsi Banten Untung Saritomo mengungkapkan peserta PKA angkatan V sebanyak 40. Peserta angkatan VI sebanyak 40 orang. Total peserta PKA sebanyak 80 orang.

“Sementara peserta PKP angkatan XI sebanyak 40 orang. Peserta angkatan XII sebanyak 40. Total peserta PKP sebanyak 80 orang peserta,” ungkapnya

“Tujuan pelatihan memgembangkan kompetensi peserta untuk memenuhi kebutuham kompetensi jabatan,” pungkas Untung. (Ria/Btp)