Selasa, 26 September 2023
Utama

Kunjungi Kota Cilegon, Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat

CILEGON – (BTP) – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo kembali melakukan kunjungan kerja ke Kota Cilegon, Selasa (12/09/2023).

Pada lawatan kedua sepanjang 2023, tepatnya April lalu ini Presiden Jokowi didampingi sejumlah Menteri dan pejabat tinggi Negara lain, termasuk Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. Dimana, selain melihat secara langsung perkembangan PT Lotte Chemical Indonesia, Jokowi juga memantau harga pasar untuk sejumlah komoditas sembako di Pasar Kranggot yang dilanjutkan dengan pembagian bantuan sosial di Kecamatan Jombang. Dimana, kuota pemberian bantuan sosial di Kota Cilegon ada 17.479 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 43 kelurahan.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan, dirinya melihat harga-harga sejumlah komoditas sembako di Kota Cilegon masih sangat baik. Bahkan, untuk harga bawang merah yang biasanya berada diatas Rp 30.000 per kilogram dan pernah menembus Rp 40.000, kini sudah berada di harga Rp 17.000 per kilogram.

“Harga cabai saya lihat juga sama turun, karena ditanam di Provinsi Banten sendiri,” kata Presiden Jokowi saat memantau harga sembako di Pasar Kranggot, Kota Cilegon.

Meskipun demikian, Jokowi menuturkan, pihaknya masih menemukan komoditi sembako yang masih menjadi masalah, salah satunya adalah beras.

“Yang masih sedikit masalah di beberapa titik-titik itu di beras,” tuturnya.

Atas situasi itu, Jokowi menjelaskan, langkah yang akan diambil pemerintah diantaranya adalah melakukan operasi pasar yang diiringi dengan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) terhadap 21,3 juta KPM.

“Operasi pasar secara masif akan dilakukan Bulog (Badan Urusan Logistik) dan Badan Pangan pada Minggu (Pekan-red) ini, berbarengan dengan bagi Bansos pangan 10 kilogram per keluarga untuk 21,3 juta penerima,” jelasnya.

Langkah teknis operasi pasar, Jokowi menuturkan, akan dilakukan oleh Bulog dan Badan Pangan di setiap ritel-ritel yang ada di kawasan Cipinang, Jakarta.

“Bulog akan melakukan OP (Operasi Pasar) ke ritel-ritel di Cipinang. Semuanya akan diguyur beras secara massif,” tuturnya.

Dalam hal ini, Jokowi berharap, langkah yang dilakukan pemerintah dapat menurunkan dan menstabilkan harga beras di pasaran.

“Kita harapkan dengan begitu, harga beras akan mulai turun,” harapnya. (Ria/Red/Btp)

Tinggalkan Balasan