Rabu, 29 November 2023
Uncategorized

Danrem 064/MY Hadiri Pembukaan TMMD ke-118 Kodim 0603/Lebak

LEBAK Р(BTP) РKomandan Korem (Danrem) 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna menghadiri upacara pembukaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 tahun 2023 Kodim 0603/Lebak di Desa Parungkujung, Kecamatan Cileles, Kabupaten Pandeglang, Rabu (20/09/2023).

Program dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” tersebut merupakan wujud sinergi antara TNI, Pemerintah Daerah, dan Perusahaan serta masyarakat dalam melaksanakan proses percepatan pembangunan daerah terpencil.

Dalam kesempatannya, Danrem 064/MY, Brigjen TNI Tatang Subarna menuturkan dipilihnya lokasi atau sasaran utama TMMD adalah hasil musyawarah bersama yang dilakukan pihaknya oleh Pemerintah terkait dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak.

“Mana kira-kira saran dari masyarakat, yang akan kita jadikan sasaran pokok. Yang betul-betul dari saran-saran yang ada itu kita rapatkan, koordinasikan dari tingkat bawah berjenjang ke atas dan dikomunikasikan kepada pimpinan daerah.¬† Alhamdulillah disepakati di tempat ini,” katanya.

Jenderal Bintang Satu yang akrab disapa Abah itu berharap dengan tersambungnya dua ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Cileles dengan Kecamatan Cirinten tersebut dapat mempermudah mobilitas masyarakat.

“Alhamdulillah, sasaran utama yakni pembukaan jalan dalam TMMD kali ini luar biasa, panjang 6,65 km dan lebar 8 meter. Mudah-mudahan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan silaturahmi dan memudahkan ekonomi masyarakat di sini,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Danrem 064/MY dan Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Erik Novianto atas kerjasama yang terjalin.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Danrem 064/MY dan Dandim 0603/Lebak atas kerjasama yang telah terjalin dengan sangat luar biasa, salah satunya melalui TMMD melalui sasaran fisik maupun nonfisik,” katanya.

Ia mengaku bangga dan bahagia dengan adanya program TMMD. Hal itu lantaran pihaknya menyadari bahwa dukungan anggaran dari pemerintah masih jauh dari cukup untuk membangun Lebak secara merata.

“Ke depan semoga kita bisa bersama mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan TNI semakin mencintai rakyat dan dicintai rakyat kiranya menjadi landasan moral dan etika untuk menciptakan pondasi yang kuat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Diketahui, dalam TMMD ke-118 terdapat sasaran baik fisik maupun nonfisik. Sasaran fisik utama diantaranya yaitu pembukaan jalan panjang 6,65 km dan lebar 8 meter, pengerasan jalan panjang 2,3 km dan lebar 3 meter, pemasangan gorong-gorong 7 unit, dan pembuatan drainase panjang 6,65 km.

Selain itu juga terdapat sasaran fisik tambahan yakni pembuatan Poskamling, pembuatan pagar Musala, pemasangan paving block 16 meter², pembuatan tugu dan TMMD.

Sedangkan sasaran nonfisik dilaksanakan melalui berbagai penyuluhan. Mulai dari
Penyuluhan bela negara, wasbang, kambtibmas, narkoba, bimdes, penyuluhan stunting, penyuluhan posbindu, penyuluhan hama tanaman, penyuluhan reboisasi, penyuluhan budidaya air tawar, mitigasi bencana, dan pelayanan KB.

Turut dalam kegiatan tersebut, para Kasi Kasrem 064/MY, para Dandim jajaran Korem 064/MY, para Kabalak jajaran Korem 064/MY, para Perwira dan Prajurit Kodim 0603/Lebak, Kapolres Lebak, serta Kepala OPD di lingkup Pemkab Lebak. (Ria/Btp)